Menjelang Pilkades 17 Oktober 2021, Ratusan Calon Kepala Desa Gelar Deklarasi Damai

Date:

Ratusan Calon Kades di Kabupaten Pandeglang Gelar Deklarasi Damai. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Ratusan calon kepala desa (Calkades) di 206 Desa Kabupaten Pandeglang, Banten, menggelar deklarasi damai di lapangan Kantor Kecamatan Saketi, Minggu 10 Oktober 2021.

Diketahui pelaksanaan Pilkades akan digelar pada 17 Oktober 2021. Dalam deklarasi tersebut, para calon Kades membacakan ikrar di hadapan Bupati Pandeglang, untuk menciptakan ketertiban, keamanan, kedamaian dan beretika dalam kontestasi politik Pilkades tersebut.

“Ikrar janji dalam deklarasi damai ini menjadi acuan untuk dipatuhi oleh para calon kades agar pilkades di Pandeglang berjalan lancar dan damai,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita dalam acara deklarasi damai.

Ditegaskannya, para calkades agar dapat mamatuhi aturan yang berlaku pada pelaksanaan pilkades serentak, sehingga potensi konflik tidak akan pernah terjadi.

“Semua harus taat dan patuh pada peraturan, meminimalisir konflik, yang menang terhormat, kalahpun bermartabat,” katanya.

Beberapa poin ikrar yang diucapkan para calkades diantaranya akan mematuhi dan melaksanakan seluruh rangkaian tahapan pemilihan kepala desa secara tertib, aman, damai, beretika dan bertanggung jawab, serta bersedia dituntut secara hukum apabila melanggar ikrar ini.

“Para calkades sudah berikrar untuk melakukan deklarasi damai. Saya sangat menghormati baik yang petahana maupun yang baru untuk taat dan patuh pada aturan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandegglang, Doni Hermawan mengatakan, deklarasi damai ini awal dibuka kembalinya kegiatan tahapan Pilkades setelah kurang lebih dua bulan terhenti.

“Kegiatan selanjutnya pada Senin sudah mulai kampanye tanggal 11-13 oktober 2021, dilanjut tanggal 13-16 oktober 2021 masa tenang, pencoblosan dilaksanakan pada tanggal 17 oktober 2021,” tuturnya.

Diakuinua, di Pandeglang ada sebanyak 206 Desa dari 32 Kecamatan yang akan melakukan Pilkades. Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sendiri kurang lebih 1.263, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 563.927.

“Ini perlu kita gebyarkan bahwa pilkades akan segera dilaksanakan, ada 709 calkades yang akan bertarung di masing – masing desanya,” tambah Doni.

Ediror : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...