Connect with us

Berita Terbaru

WH Bilang Gaji Guru Honorer di Banten Sudah Layak; Dulu Rp300 Ribu, Sekarang Rp3 Juta

Published

on

Gubernur Banten Wahidin Halim saat memberikan keterangan pers usai acara silaturahmi dan pembinaan kepada para kepala sekolah SMA/SMK dan SKh di Lebak. (Bantenhits/Fariz Abdullah)

Lebak- Gubernur Banten Wahidin Halim alias WH mengunjungi SMA Negeri 1 Cilograng, Kabupaten Lebak, Rabu, 10 November 2021.

Kedatangan orang nomor 1 di Tanah Jawara ke daerah perbatasan Banten – Jawa Barat itu untuk menghadiri serangkaian acara Hari Kesehatan Nasional, Kamis, 11 November 2021.

Dalam kunjungannya di SMA Negeri 1 Cilograng, WH menyebut bahwa upah atau gaji untuk guru honorer SMA-SMK di Banten sudah layak. Setiap bulannya bisa mendapat Rp 3 hingga Rp 4,5 juta.

Dikutip Bantenhits dari Detik.com, WH mengatakan bahwa kenaikan upah guru honorer ini jauh dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dulu, kata dia, per bulan mereka mendapat Rp 300 ribu.

BACA :  Gandeng Indonesia Indicator, Pemkab Pandeglang Pantau Pemberitaan Media

“Mereka cukup layak bahkan di tempat seperti ini (perbatasan) mereka bisa beli tanah, beli kendaraan, saya bahagia sekali para guru merasakan kebanggaan,” kata Wahidin usai berbincang dengan para guru SMAN 1 Cilograng di Lebak seperti dikutip Detik.com.

Selain itu, SMA-SMK Negeri di perbatasan ini cukup untuk menampung warga yang ada di perbatasan. Bahkan, untuk di Cilograng yang berbatasan dengan Jawa Barat, dari total kapasitas siswa, 20 persen adalah warga Sukabumi.

“Artinya, apa yang kita bangun di Cilograng di perbatasan tidak kalah dengan wilayah tetangga,” ujarnya.

Khusus di daerah perbatasan, Pemprov Banten akan membangun fasilitas layanan seperti rumah sakit. Kendala masyarakat perbatasan adalah akses mereka yang jauh.

BACA :  Gawat! Jelang Arus Mudik Lebaran 2022 Ratusan Bus di Terminal Terpadu Merak Tak Layak Jalan

Makanya, sekitar Januari 2022, di Cilograng akan dibangun rumah sakit tipe D. “Jadi daerah pinggiran provinsi kita harus fasilitasi mereka. Dua lantai kalau nggak salah, untuk memenuhi akses masyarakat baik di Bayah dan selatan,” ujarnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler