Kenalin Program Baru Dirlantas Polda Banten; Namanya Lancar Ambulanku, Selamat Pasienku

Date:

Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto saat memberikan sambutan dalam acara launching program Lancar Ambulanku, Selamat Pasienku. (Istimewa)

Cilegon- Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten melaunching program lancar ambulanku, selamat pasienku di The Royale Krakatau, Rabu, 2 Februari 2022.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengatakan, program tersebut merupakan wujud jalinan sinergitas profesional untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di daerah hukum Polda Banten.

“Program ini sangat berdampak pada kelancaran operasionalisasi ambulans mengingat kompleksitas permasalahan lalu lintas di jalan,”kata Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto.

Rudy menerangkan program ini dilaunching lantaran adanya beberapa fenomena yang kerap terjadi pada praktik pengawalan ambulans yang dilakukan oknum relawan yang malakukan tindakan arogansi terhadap pengguna jalan, serta oknum pengguna jalan yang menghalangi mobilitas ambulans.

“Praktik-praktik seperti ini yang kerap dilakukan oleh oknum-oknum relawan,”katanya

Rudy juga menegaskan, seluruh pelayanan yang diberikan pihak kepolisian, termasuk dalam program Lancar Ambulanku, Selamat Pasienku tersebut diberikan secara gratis.

“Tidak ada imbalan apapun. Jadi untuk para pengemudi ambulance, kalau ada (petugas kepolisian) yang macem-macem minta imbalan (saat melakukan pengawalan) atau yang lain-lain, lapor langsung ke Pak Dirlantas, kalau engga lapor langsung ke saya,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto mengatakan, program tersebut merupakan public service centre Ditlantas yang bekerjasama dengan instansi terkait lainnya.

Dimana dalam program tersebut, para pengemudi ambulance telah dibekali dengan pelatihan safety driving saat membawa pasien.

“Program lancar ambulanku akan diimplementasikan dalam beberapa tahapan mulai dari pelatihan keterampilan safety driving hingga diskusi-diskusi dengan eksternal. Selanjutnya masyarakat yang membutuhkan dapat menghubungi melalui command centre 110,”katanya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...