Alert! Warga Citeureup Pandeglang Ramai-ramai Bakal Geruduk PT JHL

Date:

Warga Citereup bakal menggelar aksi demo di PT JHL. (Istimewa)

Pandeglang – Masyarakat dan Forum Pemuda Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, bakal melakukan aksi demonstrasi di lokasi proyek PT Jaya Hunian Lestari atau JHL pada Senin 15 Agustus 2022 mendatang.

Aksi ini dilandasi dasar keresahan masyarakat terkait banjir di Desa tersebut. Mereka menduga bahwa salah satu faktor penyebab banjir karena adanya proyek PT JHL.

Ketua Forum Pemuda Citeureup Awang Gustiawan mengatakan, sejak PT JHL berinvestasi di Desa Citeureup pada Agustus 2021 lalu, desa ini sering mengalami banjir.

“Dari catatan kami sejak Januari sampai Agustus 2022 sudah terjadi 4 sampai 5 kali banjir. Kami menduga hal ini disebabkan oleh proyek perkebunan vanili milik PT JHL,” kata Awang kepada BantenHits, Jumat 12 Agustus 2022.

Menurut Awang, faktor penyebab banjir itu karena ada penggundulan hutan di dataran tinggi. Sehingga air yang tak tertapung karena kehilangan resapan, mengalir begitu deras ke bawah.

“Ditambah irigasi yang kecil dan adanya pendangkalan aliran sungai membuat air cepat meluap ke pemukiman warga dengan material tanah mirip lumpur,” jelasnya.

Awang juga menyoroti rencana kerja PT JHL yang terkesan tertutup kepada warga. Sosialisasi yang tidak merata dan tidak adanya masterpland proyek membuat warga bertanya-tanya PT JHL akan membuat apa.

“JHL ini ngaku udah melakukan sosialisasi, tapi sosialisasi ke siapa? Karena pada faktanya masih ada warga yang bertanya-tanya di sana mau dijadikan apa,” ungkapnya.

Keluhan Tak Ditanggapi Serius

Awang menyebut masyarakat dan Forum Pemuda Citeureup sudah beberapa kali menyampaikan keluhan tersebut kepada pihak PT JHL, Pemkab dan DPRD Pandeglang agar mendapat solusi, akan tetapi keluhan itu kurang ditanggapi dengan serius.

“Kami sudah sampaikan ke Wakil Bupati dan DPRD terkait persoalan ini dengan maksud supaya mereka bisa menjembatani kepentingan masyarakat,”tandasnya.

“Selain itu, kami juga sudah bertemu dengan Direktur JHL pak Steven Beteng tapi tak ada tindakan serius, hal yang kecil aja seperti rambu-rambu tidak ditindaklanjuti, apalagi yang besar seperi banjir makanya kami pilih untuk demo saja,”sambungnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...