Di Amerika Harga Per Gram Rp 17 Juta, Bil Grup Gelar Kontes dan Lelang Batu Permata Kalimaya

Date:

President Director Bil Grup, Nabil Jayabaya (tengah) saat foto bersama dengan para pecinta batu kalimaya dalam acara kontes dan lelang batu permata kalimaya.(BantenHits.com/ Fariz Abdullah)

Lebak– Bil Grup menggelar kontes dan lelang batu permata kalimaya di Perpustakaan Saidja-Adinda, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu, 3 Desember 2022. Acara bekerjasama dengan Gabungan Pengusaha Kalimaya (GPK).

Usut punya usut, kegiatan yang berhasil menyedot perhatian masyarakat di tanah air sengaja diselenggarakan untuk memperingati HUT Kabupaten Lebak ke- 194.

Tak hanya itu, acara yang dibuka secara langsung oleh President Director Bil Grup, Moch. Nabil Jayabaya ini juga bertujuan untuk kembali menggaungkan batu kalimaya Lebak yang ternyata memiliki nilai jual tinggi di luar negeri.

“Siapa sangka, batu kalimaya Lebak ini banyak dicari warga negara asing. Harganya pun luar biasa. Di Amerika itu dijual per gram,” kata Nabil saat membuka acara.

“Harganya juga luar biasa Rp 17 juta/gram,” tambah Ketua BPC Gapensi Lebak ini.

Di dunia, kata Nabil, negara penghasil batu permata kalimaya terbaik yaitu Indonesia. Dan ternyata, lanjut dia, batu-batu itu berasal dari Kabupaten Lebak.

“Lokasinya di Curugbitung – Lebak. Kita sebagai warga Lebak harus bangga. Makanya kita gelar kontes dan lelang ini untuk kembali dan semakin menggaungkan batu kalimaya,” tuturnya.

Nabil meyakini Lebak bisa mendunia melalui produk-produk unggulannya seperti batu kalimaya.

“Kita terus berupaya agar Lebak ini dikenal dunia,” tandasnya.

Sementara Ketua GPK Lebak, Obay Fauzi mengatakan kontes kalimaya ini menyiapkan beberapa kategori mulai dari kelas pemula hingga regular.

Dia juga mengatakan telah menyiapkan juri yang berkompeten di bidang batu permata.

“Yang dinilai itu kepadatan motif kembang atau biasa dikenal jarong, kemulusan badan batu dan ring pengikatnya juga,” kata dia.

Obay mengungkapkan banyak masyarakat mendatangi kontes batu permata kalimaya Lebak ini. Terjauh mereka berasal dari Surabaya.

“Jakarta, Bandung Alhamdulillah hadir. Terimakasih untuk Bil Grup yang telah memfasilitasi dan membuat kegiatan kontes batu kalimaya Lebak,” ucapnya.

Diketahui ada beberapa jenis batu kalimaya Lebak yang telah dikenal dunia mulai dari Black Oval, Kalimaya Teh, Kristal dan lainnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...