Laris Manis! Ide Penataan Pesisir Kabupaten Tangerang Kini Dipaparkan di Hadapan Gubernur/Wali Kota se-ASEAN

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat memaparkan konsep penataan kawasan pesisir di hadapan gubernur dan wali kota se-ASEAN dalam ASEAN Mayors Forum 2022 di Phnom Penh, Kamboja, Jumat, 2 Desember 2022. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Konsep Integrated Coastal Management (ICM) atau pengelolaan pesisir terpadu yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Tangerang telah sukses dijadikan percontohan, baik dalam lingkup nasional maupun global.

Konsep tersebut kembali menggema di hadapan gubernur dan wali kota se-ASEAN dalam ASEAN Mayors Forum (AMF) 2022 yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja, Jumat, 2 Desember 2022.

Sebelumnya, gagasan ini berhasil mencuri perhatian dalam forum berkelas internasional Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 pada Oktober lalu.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar tampil menjadi pembicara dalam dua sesi yang disediakan dalam AMF 2022. Pria yang juga menjabat Vice President PEMSEA ini tampil pada Parallel Sesion 4 dengan membahas ASEAN Sustainable Urbanisation dan sesi Mayor Round Table dengan tema Exploring Sustainable Development Goals Collaboration.

“Pertumbuhan populasi yang tinggi setiap tahun membuat adanya tekanan di setiap wilayah, termasuk pesisir Kabupaten Tangerang,” ungkap Zaki dalam forum tersebut seperti dilansir keterangan resmi.

Berdasarkan data pertumbuhan penduduk Kabupaten Tangerang, lanjutnya, pada 2018 hingga 2022 terdapat peningkatan sebesar 487.812 jiwa atau sekitar 15 persen menjadi 3.216.465 jiwa. Maka dari itu, pihaknya melakukan peningkatan secara parsial.

Menurutnya, dalam peningkatan dan pengelolaan kawasan pesisir ini perlu dilakukan secara beriringan. Artinya bukan hanya pembangunan infrastrukturnya saja namun juga ekonomi serta lingkungan.

“Konsep pembangunan ini adalah yang terintegrasi antara ekonomi, infrastruktur dan lingkungan yang dibutuhkan untuk menopang perkembangan urbanisasi,” tutur Zaki.

Tantangan yang dihadapi untuk mewujudkan hal itu antara lain pemukiman kumuh, sampah, masyarakat miskin, abrasi, banjir rob hingga penurunan habitat mangrove. Sejumlah program pun dijalankan untuk mengatasi hal itu, salah satunya melalui Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan).

Kawasan yang menjadi percontohan tersebut adalah Desa Ketapang, Kecamatan Mauk melalui bedah rumah, pembudidayaan ikan dan udang, penyediaan tempat pelelangan ikan pelabuhan serta konservasi mangrove. Pihaknya juga meningkatkan pelayanan setempat, seperti pembangunan pasar tradisional, kantor kecamatan, puskesmas hingga stadion mini.

“Kita juga meningkatkan sanitasi di sekolah-sekolah, salah satunya adalah menempatkan seluruh WC di gerbang masuk sekolah. Tujuannya agar komunitas bersama-sama mengawasi dan memelihara sanitasi. Dengan begitu ada tanggung jawab moral untuk konsisten mereka merawatnya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menjalankan program Kurasaki (Kurangi Sampah Sekolah Kita), yaitu upaya dalam mengurangi volume sampah di sekolah dengan membiasakan siswa membawa bekal makan dari rumah dan meniadakan tempat sampah. Hal itu merupakan sejumlah upaya Kabupaten Tangerang dalam menciptakan kawasan pesisir yang modern.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...