8 November 2023 Ini Seluruh Nakes di Kabupaten Tangerang Serempak Diimunisasi Hepatitis B

Date:

8 November 2023 ini seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan atau nakes di Kabupaten Tangerang serempak diimunisasi Hepatitis B. FOTO ILUSTRASI: Relawan FK dan FoN UPH yang terdiri dari mahasiswa dan alumni terjun membantu para tenaga medis dan perawat di Rumah Sakit Siloam saat Pandemi COVID-19  lalu. (Istimewa)

Berita Tangerang – Seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan atau nakes di Kabupaten Tangerang akan menjalani imunisasi Hepatitis B secara serempak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, Rabu, 8 November 2023.

Jajaran manajemen RSUD Kabupaten Tangerang sendiri telah menggelar rapat persiapan menjelang pelaksanaan kegiatan tersebut di Gedung Management RSUD Kabupaten Tangerang, Jumat, 3 November 2023.

Hadir dalam rapat persiapan tersebut, Sekda Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr. Achmad Muchlis; dan Plt.Direktur RSUD Kabupaten Tangerang, dr.Hj. Endang Widyastiwi, M.M.Kes, serta pejabat terkait lainnya.

Pelaksanaan imunisasi tersebut nantinya digelar secara hibrida dan akan dihadiri oleh 8 provinsi dan diikuti 20 tenaga kesehatan sebagai simbolis pencanangan imunisasi Hepatitis B pada tenaga medis dan tenaga kesehatan.

Achmad Muchlis menuturkan, kegiatan ini untuk mencegah penyebaran Hepatitis B bagi para nakes.  Menurut dia, tenaga kesehatan merupakan populasi yang rentan terhadap penularan serta menularkan virus tersebut.

“Tenaga kesehatan ini berisiko tinggi untuk terpapar virus hepatitis B karena melakukan intervensi atau tindakan medis. Sehingga penting dilakukan imunisasi  sebagai salah satu upaya untuk melindungi tenaga medis dan juga tenaga kesehatan,” katanya dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Sekda Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr. Achmad Muchlis; dan Plt.Direktur RSUD Kabupaten Tangerang, dr.Hj. Endang Widyastiwi, M.M.Kes saat rapat persiapan pelaksanaan imunisasi Hepatitis B secara serempak untuk nakes di Kabupaten Tangerang. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Muchlis juga menuturkan pemberian imunisasi Hepatitis B tersebut sebagai upaya percepatan pencapaian tujuan eliminasi Hepatitis B pada tahun 2030.

Endang Widyastiwi menambahkan, sasaran pemberian imunisasi Hepatitis B ini menyasar untuk jenis layanan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) antara lain dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, dan ahli teknologi laboratorium medik.

Sedangkan, Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKTRL) yaitu dokter umum, dokter gigi dan dokter gigi spesialis, spesialis penyakit dalam, obgyn, spesialis bedah, spesialis anestesi, spesialis patologi klinik, perawat, bidan, dan ahli teknologi laboratorium medik.

“Harapannya dengan adanya kegiatan pemberian imunisasi ini, nantinya dapat memberikan perlindungan serta pencegahan paparan Hepatitis B kepada para tenaga medis dan tenaga kesehatan,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...