Antusiasme Masyarakat Tinggi, Pemerintah Indonesia Akan Terus Kirim Bantuan ke Palestina 

Date:

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyampaikan perihal bantuan kemanusiaan yang dikirimkan Indonesia ke Palestina di Kantor Kemhan RI, Jakarta Pusat, Senin, 6 November 2023. Prabowo memastikan, bantuan Indonesia ke Palestina akan terus dilakukan. (FOTO: Suara.com)

Berita Jakarta – Anstusiasme masyarakat Indonesia untuk menyalurkan bantuan ke Palestina sangat tinggi. Karenanya, Pemerintah Indonesia akan mengkoordinir bantuan dari masyarakat dan akan terus menyalurkan bantuan ke Palestina.

Sementara, bantuan pertama dari Indonesia untuk warga Palestina, khususnya yang bermukim di sekitar Jalur Gaza yang diberangkatkan pada Sabtu, 4 November 2023 telah dipastikan tiba di lokasi tujuan.  Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

“Untuk pesawat pertama sudah sampai,” kata Prabowo di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat, Senin, 6 November 2023 dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menegaskan bantuan dari Indonesia akan terus dikirimkan ke Gaza, Palestina.

“Dan menyusul lagi, terus-menerus,” tegas Prabowo.

Penyaluran Bantuan Tak Mudah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pengiriman bantuan ke Palestina tidak mudah dilakukan. Dia pun berharap bantuan tahap kedua bisa segera dikirimkan untuk masyarakat Palestina yang terdampak kekejaman militer Israel.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin seremoni keberangkatan bantuan 51,5 ton logistik ke Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu, 4 November 2023.

“Ini kita melihat bahwa antusias masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dunia usaha ini banyak sekali yang ingin menyalurkan bantuannya, sehingga ini akan kita koordinir karena masuknya ke sana juga tidak mudah. Kalau pemerintah itu lebih gampang sehingga kita terbuka, dan kita harapkan tahap kedua sesegera mungkin,” kata Jokowi.

Untuk bantuan tahap pertama ini, lanjutnya, akan diberangkatkan menggunakan tiga pesawa Hercules milik TNI AU dari Jakarta menuju Jeddah, Arab Saudi. Selanjutnya diterbangkan menuju Bandara El Arish, Mesir, kemudian disalurkan ke Gaza, Palestina.

“Ya, ini bantuan segera diberangkatkan, jadi dari sini (Lanud Halim Perdanakusuma) ada dua psawat, memuat 21 ton. Kemudian sisanya ada di Bandara Soekarno Hatta lewat pesawat kargo yang memuat lebih banyak yaitu kurang lebih 30-an ton,” jelas Jokowi.

Bantuan yang dikirimkan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak di Gaza, Palestina, seperti alat penjernih air.

“Kemudian juga alat alat medis yang diperlukan, yang sangat penting yang dibutuhkan, rumah sakit Indonesia di Gaza juga disiapkan, selain bahan-bahan makanan yang memang juga diperlukan. Termasuk di dalamnya obat-obatan, tapi juga obat-obatan disesuaikan, yang tidak memerlukan penyimpanan yang sulit,” imbuh Jokowi.

9.900 Warga Palestina Tewas

Menghimpun data yang disajikan oleh United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA), setidaknya sebanyak 9.900 warga Palestina tewas akibat perang yang terjadi antara Israel dengan kelompok militan Hamas.

Jumlah tersebut terhitung pada perang yang terjadi sejak 7 Oktober hingga 5 November 2023.

Korban paling banyak tercatat berada di Jalur Gaza dengan total 9.770 orang. Sementara di Tepi Barat sebanyak 141 orang.

Sumber: Suara.com

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...