Ada Program STAR, Kini Sekolah-sekolah di Kota Tangerang Bisa Buatkan Aktar Lahir dan KIA Usia 0-17 Tahun

Date:

Ada Program STAR, kini sekolah-sekolah di Kota Tangerang bisa buatkan akta lahir dan KIA untuk usia 0-17 tahun. FOTO: Kegiatan Desiminasi Informasi Kependudukan Tahun 2022 yang digelar Disdukcapil Kota Tangerang, Rabu, 21 Desember 2022. (Dok.tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Pembuatan Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak atau KIA di Kota Tangerang kini semakin mudah.

Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang telah melahirkan inovasi pelayanan bernama STAR alias Sekolah Tuntas Administrasi Kependudukan.

Hal itu disampaikan Sekda Kota Tangerang, Herman Suwarman saat membuka Diseminasi Informasi Kependudukan Tahun 2022 yang digelar Disdukcapil Kota Tangerang secara daring dan luring di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa, 20 Desember 2022.

Kegiatan kali ini diikuti oleh 117 orang dari kepala satuan pendidikan PAUD, TK, SD, hingga SMP se-Kota Tangerang untuk mengetahui inovasi program terbaru dari Disdukcapil Kota Tangerang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota yakni Sekolah Tuntas Administrasi Kependudukan (STAR). 

“Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan dengan mempermudah dan mempercepat pembuatan Akta Kelahiran & KIA dari sekolah,” kata Herman melalui keterangan resmi.  

Lebih lanjut Herman menuturkan tentang kondisi capaian dokumen Akta Kelahiran dan KIA di Kota Tangerang saat ini yang sudah mencapai 95,58%

“Saat ini Akta Kelahiran mencapai 95,58% dan KIA mencapai 50,55%, untuk itu saya menginginkan target tersebut mencapai 100% di tahun yang akan datang,” ungkapnya.  

Herman berharap dari kegiatan ini, seluruh petugas pelaksana program STAR dapat memahami program dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. 

“Saya harap pihak-pihak yang terlibat dapat memaksimalkan pelayanan sehingga berjalan dengan baik dan mencapai target,” harap Herman. 

Sekretaris Disdukcapil Kota Tangerang, Ayi Nuryadin, menjelaskan pada kegiatan hari ini juga diinformasikan mengenai pelayanan identitas kependudukan digital bagi guru, staff, dan pegawai.

“Pada kesempatan ini juga disampaikan mengenai pelayanan identitas kependudukan digital bagi guru, staff, dan pegawai sebelum dilaunching ke masyarakat luas,” jelas Ayi.

Sebagai informasi, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yaitu Rumanti, Kanit PPA Polres Metro Tangerang Kota, untuk menginformasikan pentingnya dokumen kependudukan bagi siswa/siswi sebagai bagian dari proses perlindungan perempuan dan anak.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...