Kompak Teken Fakta Integritas, Bupati Serang hingga Eselon III Janji untuk ‘Berlari’ pada 2023 Ini

Date:

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah memimpin penandatanganan fakta integritas bersama seluruh pejabat eselon II dan III. Mereka berjanji untuk ‘berlari’ dalam kinerja pada 2023 ini. (Dok. Pemkab Serang)

Berita Kabupaten Serang – Komitmen untuk ‘berlari’ dalam kinerja dituangkan aparatur pemerintah Kabupaten Serang melalui penandatanganan fakta integritas, Rabu, 4 Januari 2023.

Mereka yang menandatangani fakta integritas tak hanya pejabat eselon II dan III saja, melainkan termasuk Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Serag, Pandji Tirtayasa.

Menurut Tatu, penandatanganan fakta integritas sebagai salah satu cara memacu kinerja aparatur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di awal tahun 2023.

Penandatanganan fakta integritas dilakukan saat rapat koordinasi (rakor) yang digelar di Aula Tb Suwandi, Setda Pemkab Serang, Rabu 4 Januari 2023.

“Kita teken fakta integritas bersama, mulai dari saya, Pak Wakil, Pak Sekda, seluruh kepala organisasi perangkat daerah atau OPD hingga camat. Itu komitmen kita, sudah mulai lari kinerjanya dan tidak lagi menunggu,” kata Tatu kepada wartawan melalui keterangan resmi.

Dalam rakor tersebut, lanjut Tatu, pihaknya mengevaluasi kinerja tahun 2022 dan memproyeksikan setiap program tahun 2023.

“Saya minta kepada kepala OPD, terkait pengadaan barang dan jasa itu dilakukan lebih awal, agar tidak ada pekerjaan yang tidak selesai di tahun ini,” ujarnya.

Sebelum rakor digelar, Tatu lebih dulu menggelar rapat terbatas dengan sejumlah kepala OPD terkait proteksi pendapatan daerah pada Selasa, 3 Januari 2023. Inventarisasi dilakukan untuk pendapatan yang masih rendah serta potensi mana yang perlu ditingkatkan.

“Potensi-potensi pendapatan, harus dinventarisir. Supaya arahnya jelas, membuat target-target, tidak asal-asalan, supaya capaiannya benar dan tepat sasaran,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten ini.

Kemudian untuk belanja daerah, Tatu meminta seluruh OPD untuk tidak melakukan penumpukkan belanja di pertengahan dan akhir tahun. Mulai Januari, lanjutnya, harus sudah banyak program yang dijalankan.

“Supaya kita juga ada progres. Dan arahan Bapak Presiden, serapan anggaran menjadi perhatian pemerintah pusat. Di awal tahun ini, tidak ada yang leha-leha, harus bekerja cepat tepat. Hasil-hasil program dari OPD ditunggu masyarakat,” tegasnya.

Menurut Tatu, untuk evaluasi tahun 2022, ada beberapa OPD yang melakukan penyerapan anggaran di akhir tahun. Imbasnya, sejumlah aparatur di bidang keuangan harus melakukan lembur untuk memproses pencairan anggaran.

“Saya sudah sampaikan, kita harus kerja tertib, dengan waktu yang baik,” tegasnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Serang, Sarudin menambahkan, pihaknya akan memperkuat koordinasi dengan seluruh OPD untuk mendorong penyerapan anggaran.

“Setiap program dibuat time line penyerapan, dan kita akan dorong kegiatan dilakukan tepat waktu. Semua terukur dan tertib anggaran,” ujarnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...