Cerita Selasa Sore Jelang Maghrib Ketika Api Melalap Pabrik Busa Kasur PT Grantec Jaya Indonesia

Date:

Kebakaran hebat terjadi di pabrik busa kasur PT Grantec Jaya Indonesia, Jalan Tenjo, Kabupaten Bogor, Selasa sore, 7 Februari 2023.(DOK. BPBD Kabupaten Tangerang)

Berita Kabupaten Tangerang – Adzan Maghrib tinggal beberapa menit lagi berkumandang pada Selasa sore, 7 Februari 2023. Telepon di Kantor Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang berbunyi.

Laporan masuk lewat telepon. PT Grantec Jaya Indonesia, sebuah pabrik busa kasur dilaporkan terbakar sore itu. Pabrik tersebut tak berada di wilayah Kabupaten Tangerang, melainkan di Kabupaten Bogor, tepatnya di Jalan Raya Tenjo, Singabangsa, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.

Sadar akan tanggung jawab sebagai petugas kebencanaan, para petugas BPBD Kabupaten Tangerang langsung bergerak ke lokasi dengan mengirimkan 23 petugas pemadam kebakaran.

“Kita langsung terjunkan bantuan 4 unit damkar dari Mako Curug, Cisoka, Tigaraksa, dan Balaraja dengan total 23 personil,” kata Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat, Rabu, 8 Februari 2023.

Menurut Ujat, penanganan darurat seperti kebakaran, kebencanaan dan penyelamatan tidak mengenal wilayah administrasi. Ssebagai petugas bencana, pihaknya akan membantu sekuat kemampuan meski peristiwa itu di luar wilayah Kabupaten Tangerang.

“Di lokasi kebakaran, damkar dari Kabupaten Bogor Pos Parung Panjang terjunkan 3 unit mobil damkar, total di lokasi ada 7 unit mobil damkar yang lakukan pemadaman,” terangnya.

Mesin Konveyor Terbakar

Asap hitam pekat saat terlihat saat terjadi kebakaran di pabrik busa kasur PT Grantec Jaya Indonesia. (FOTO: Istimewa)

Kebakaran di PT Grantec Jaya Indonesia, lanjut Ujat, diduga akibat panas blok foam dan merambat ke mesin konveyor inject sehingga membakar ke blok busa.

“Tim Pusdalops BPBD Kabupaten Tangerang menerima laporan pada pukul 17.38 WIB,” ungkapnya.

Kebakaran itu belangsung hebat sehingga mengeluarkan asap pekat yang membumbung tinggi. Tim Damkar gabungan Kabupaten Tangerang bersama Kabupaten Bogor berhasil menaklukan si jago merah selama dua jam pemadaman.

“Objek yang terbakar blok busa, setengah gedung habis terbakar, tidak ada perambatan ke gedung penyimpanan bahan kimia (chemical),” terang Ujat.

“Untuk korban jiwa ataupun luka-luka tidak ada. sedangkan taksiran kerugian sampai saat ini belum dapat diketahui,” ucapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...