Raih Penghargaan dari Mendagri, Zaki Targetkan 2023 Ini 99 Persen Warga Kabupaten Tangerang Tercover JKN

Date:

Menteri Dalam Negeri atau Mendagri, Tito Karnavian saat memberikan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Selasa, 14 Maret 2023. (Foto: Istimewa)

Berita Jakarta – Menteri Dalam Negeri atau Mendagri, Tito Karnavian, memberikan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Penghargaan diterima Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan, Selasa, 14 Maret 2023.

Di sela sela acara, Bupati Zaki mengungkapkan bahwa penghargaan UHC untuk Pemerintah Kabupaten Tangerang merupakan bentuk apresiasi atas dicapainya kepesertaaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sudah mencapai lebih dari 95%.

“Ini adalah bentuk apresiasi pemerintah karena Kabupaten Tangerang, per 1 Maret 2023, penduduk Kabupaten Tangerang yang telah terdaftar sebagai peserta Program JKN mencapai 3,1 juta jiwa lebih atau 98,35% dari total penduduk Kabupaten Tangerang yang lebih dari 3,2 juta,” ungkap Zaki dalam keterangannya.

Zaki bersyukur atas diraihnya penghargaan UHC yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden. Dia berharap dengan diraihnya penghargaan tersebut memberikan semangat dan komitmen semua untuk menuntaskan target 100%, seluruh penduduk Kabupaten Tangerang bisa terdaftar menjadi peserta Program JKN yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Alhamdulillah, hari ini Pemerintah Kabupaten Tangerang mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) . Ini menjadi dorongan semangat dan komitmen kita semua sehingga Insya Allah penduduk Kabupaten Tangerang bisa terdaftar sebagai peserta program JKN pada akhir tahun 2023 bisa mencapai 99 % lebih,” katanya.

Zaki menegaskan bahwa dengan meningkatnya kepesertaan penduduk Kabupaten Tangerang dalam JKN, maka fasilitas kesehatan harus makin optimal pelayanannya.

“Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Tangerang tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN. Kami mohon dukungan dari seluruh pihak khususnya masyarakat Kabupaten Tangerang,” tandasnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya sangat mengapresiasi seluruh pemerintah daerah yang telah konsisten dan berupaya keras mendukung dan mensukseskan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai salah satu program prioritas nasional.

“JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia. Dan terbukti telah membawa banyak dampak positif, terutama dengan terbukanya akses dan meningkatnya pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat,” kata Ma’ruf Amin.

Wapres menambahkan lebih dari 248 juta jiwa atau sekitar 90,3% penduduk Indonesia sudah memiliki perlindungan jaminan kesehatan, dimana sekitar 60,39% peserta JKN masuk dalam Program Bantuan Iuran (PBI).

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...