Realisasi Pembangunan Pelabuhan Warnasari Sudah Dekat Sekali!

Date:

Pemkot Cilegon meneken MoU terkait pembangunan Pelabuhan Warnasari dengan dua perusahaan raksasa di Cilegon yakni PT Krakatau Steel (KS) Tbk dan PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) Tbk. (FOTO: cilegon.go.id)

Berita Cilegon – Realisasi pembangunan Pelabuhan Warnasari sudah dekat sekali. Proses demi proses telah dijajaki Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian demi terwujudnya pelabuhan yang diidam-idamkan warga Kota Cilegon ini.

Kekinian, Pemkot Cilegon telah meneken MoU dengan dua perusahaan raksasa di Cilegon yakni PT Krakatau Steel (KS) Tbk dan PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) Tbk.

Progress rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari disampaikan langsung Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian usai acara penandatanganan MoU Pembangunan Pelabuhan Warnasari yang dirangkaikan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Cilegon 2024 di The Royale Krakatau Hotel Kota Cilegon, Selasa, 21 Maret 2023.

Menurut Helldy, melalui MoU ini, dua perusahaan ini sepakat dengan Pemkot Cilegon untuk segera membangun Pelabuhan Warnasari.

“Penandatangan MoU ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan-pertemuan dan perjanjian sebelumnya,” ungkap Helldy melalui laman resmi Pemkot Cilegon dikutip BantenHits.com, Rabu, 22 Maret 2023.

Terkait rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari itu, lanjutnya, Pemkot Cilegon sudah pernah melakukan MoU dengan PT KS dan menghasilkan beberapa poin kesepakatan.

“Kita pernah MoU dengan PT KS secara langsung sebelumnya. Dari beberapa item (Poin-red) kesepakatan itu sekarang ada kemajuan di antaranya untuk bekerjasama dengan pihak ketiga diluar kita (Selain Pemkot Cilegon dan PT KS-red) yakni PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) Tbk yang notabene mempunyai kesamaan tujuan dalam rangka membangun Kota Cilegon jauh lebih baik lagi,” tuturnya.

Berdasarkan nota kesepahaman yang sudah dibangun itu, Helldy mengaku, pihaknya akan segera melakukan kajian secara bersama-sama, termasuk perhitungan anggaran pembangunan Pelabuhan Warnasari.

“Nanti kita kaji semuanya, mulai dari kedalaman (Laut-red) hingga DED (Detail Engineering Design). Pokoknya, harus ada action (Langkah-red) setelah ini,” tegasnya.

Presiden Direktur PT CAP Tbk Erwin Saputra menjelaskan, pihaknya tertarik untuk melakukan kerjasama membangun Pelabuhan Warnasari.

“Kita planning-nya (Rencana-red) mau membangun Pelabuhan Warnasari. Untuk nilai investasinya masih dijajaki karena ini masih tahap awal. Tapi kalau sudah ada (Hasil kajian-red) kita akan sharing (Diskusi-red),” jelasnya.

Senada dikatakan, Dirut PT KS Tbk Purwono Widodo yang menegaskan bahwa PT KS Tbk dan PT CAP Tbk memiliki tujuan yang sama dengan Pemkot Cilegon untuk membangun pelabuhan.

“Kesamaan visi inilah yang kita jadikan satu dalam bentuk kerjasama. Pemkot Cilegon, PT KS dan PT Chandra Asri sama-sama ingin punya pelabuhan maka kita koordinasikan, jadi tentu itu lebih bagus,” tegasnya.

Menurut Purwono, pelabuhan memiliki potensi yang besar untuk menggerakkan gairah indutri di Kota Cilegon.

“Pelabuhan ini sangat menggairahkan untuk perkembangan pada industri baja dan petrochemical,” tuturnya.

Seperti diketahui, penandatanganan nota kesepahaman itu merupakan tindaklanjut dari rentetan perjalanan sebelumnya, yakni penandatanganan nota kesepahaman antara PT KS Tbk dengan Pemkot Cilegon di Aula Sekretariat Daerah (Setda) II Kota Cilegon pada Maret 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kerjasama sinergi antara PT KS Tbk dengan Pemkot Cilegon di BSD Kota Tangerang pada September 2022.

Setelah itu, ada juga pertemuan Tri Partit antara Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dengan Direktur Utama (Dirut) PT KS Tbk Purwono Widodo dan Presiden Direktur (Presdir) PT CAP Tbk Erwin Saputra di Hotel Fairmont Jakarta pada awal Maret 2023.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...