Jokowi Cek Harga Bahan Pokok di Pasar Kelapa Cilegon, Pemerintah Daerah Diminta Jaga Inflasi

Date:

Presiden Joko Widodo saat mengecek harga bahan pokok di Pasar Kelapa Cilegon, Banten, Selasa, 11 April 2023. Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta pemerintah daerah bisa menjaga inflasi. (FOTO: BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Berita Cilegon – Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Kelapa, Kota Cilegon, Banten, Selasa, 11 April 2023. Kunjungan Jokowi ke pasar tradisional tersebut untuk memastikan harga bahan pokok masih stabil.

Dalam kunjungan itu, Jokowi meyakini, pemerintah daerah setempat sudah tahu langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjaga inflasi.

Jokowi juga meminta pemerintah daerah untuk segera menyikapi terkait harga sejumlah bahan pokok yang masih tinggi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Pemerintah Daerah tahulah apa yang harus dilakukan. Menjaga inflasi, harus diintervensi seperti apa tahu semuanya,” kata Jokowi saat memberikan keterangan di hadapan wartawan usai mengecek harga bahan pokok di Pasar Kelapa Cilegon.

Harga Bahan Pokok Tinggi

Berdasarkan hasil kunjungan itu, Jokowi menyebut harga sejumlah bahan pokok di Pasar Kelapa Cilegon masih lebih tinggi daripada harga bahan pokok yang ada di Boyolali.

Diketahui, sebelum datang ke Kota Cilegon, Jokowi terlebih dahulu mengunjungi Pasar Selo dan Pasar Cepego di Kabupaten Boyolali, Senin, 10 April 2023.

“Kemarin di Boyolali hampir semua bahan pokok turun semuanya baik bawang putih, bawang merah, beras, kemudian telor turun. Di sini telor tadi harga masih baik di Rp27 ribu, tapi untuk bawang merah di Boyolali Rp26 ribu di sini Rp35 ribu, kemudian bawang putih juga Rp40 ribu,” ungkap Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, perbedaan harga bahan pokok di setiap daerah memang berbeda-beda. Namun, menurutnya hal itu merupakan salah satu tanda bahwa distribusi barangnya belum baik.

“Jadi memang setiap daerah berbeda-beda, tetapi ini menunjukan bahwa distribusinya belum baik. Stok tidak ada masalah. Tapi yang paling penting kita kan ini menjaga agar harga itu ada kestabilan atau turun yang kita harapkan,” ujarnya.

Bagikan Bantuan

Pantauan wartawan di lapangan, Jokowi tiba di Pasar Kelapa Cilegon ditemani Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK) Muhadjir Effendi dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Di dalam Pasar Kelapa Cilegon, selain mengecek harga bahan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

Jokowi berkeliling membagikan bantuan uang tunai dan juga sembako kepada sejumlah pedagang.

Berdasarkan agenda, setelah melakukan kunjungan ke Pasar Kelapa Cilegon, pada hari yang sama Jokowi juga melakukan pengecekan kesiapan di Pelabuhan Merak menjelang mudik Lebaran 2023.

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....