Bawaslu Kota Tangerang Berikan Literasi kepada Pemuda lewat ‘Ngabuburit Pengawasan Partisipatif’

Date:

Bawaslu Kota Tangerang memberikan literasi kepada pemuda lewat acara yang dikemas ‘Ngabuburit Pengawasan Partisipatif’.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Kota Tangerang – Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kota Tangerang punya cara sendiri untuk meningkatkan literasi pengawasan pemilu kepada kelompok pemuda, terutama pada Bulan Ramadhan 1444 Hijriyah ini.

Mereka menggelar Ngabuburit Pengawasan Partisipatif bersama Forum Pemuda Peduli Demokrasi di kawasan Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Selasa sore, 11 April 2023.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Agus Muslim mengatakan, Ngabuburit Pengawasan Partisipatif dalam konteks ini merupakan pendekatan langsung kepada masyarakat. Hal tersebut untuk memastikan dengan situasi hari ini menjelang perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Di kegiatan ini kita memiliki agenda yang menjadi tugas dan tanggungjawab Bawaslu. Kemudian kita dorong ke masyarakat terkait pengawasan partisipatif,” ucapnya Agus.

Agus menjelaskan, para pengawas pemilu memanfaatkan momen ngabuburit di bulan suci ini dengan melakukan pencegahan semaksimal mungkin. Dimana, menjelaskan secara rinci langsung kepada masyarakat apa saja yang nanti dikerjakan oleh Bawaslu.

“Dalam bahasan pengawasan ngabuburit untuk melakukan pencegahan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum dan saat masa kampanye. Nah ini bentuk hasil dari teman-teman pemuda Panwas kelurahan dan kecamatan, maka ini kita sambut untuk kemudian bersama masyarakat berpartisipasi pemilu nanti,” ujarnya.

Agus menyebutkan, dalam kegiatan itu juga pihaknya menyampaikan lahirnya Forum Pemuda Peduli Demokrasi. Hal tersebut agar kedepannya para pemuda dapat menjaga demokrasi yang berjalan bersama dengan Bawaslu.

“ini sudah menjadi kewajiban kita untuk menyampaikan kepada masyarakat, tidak hanya kata belaka ini merupakan wujud nyata kerja pihaknya. Kita akan terus bangun, minimal di 13 kecamatan Kota Tangerang. Bagaimana menjadikan pemilu ini berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Pemuda Peduli Demokrasi Kota Tangerang, Diof Al Habsi menambahkan, diharapkan kegiaan ini menjadi momentum pemuda untuk berkiprah secara nyata di tengah-tengah masyarakat. Berbuat dan berkolaborasi seluruh elemen dalam mewujudkan pemilu berjalan lancar dan aman.

“Artinya kita ingin berpartisipasi langsung di lapangan. Dan ini dihadiri 50 pemuda,” ucapnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...