Transformasi Perumdam TKR dari Masa ke Masa; Digitalisasi, Prestasi dan Kontribusi Nyata Dongkrak PAD

Date:

Perumdam TKR Terima CSR Awards Bupati Tangerang 2022.

Berita Kabupaten Tangerang – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja atau Perumdam TKR Kabupaten Tangerang telah bertransformasi menjadi perusahaan dengan capaian yang membanggakan.

Tak hanya sukses menjadi BUMD dengan kinerja terbaik di level nasional, Perumdam TKR Kabupaten Tangerang juga sukses berkontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tangerang.

Komitmen dan Pemanfaatan IT

Capaian-capaian Perumdam TKR Kabupaten Tangerang tersebut terwujud berkat komitmen seluruh stakeholder di BUMD milik Pemkab Tangerang tersebut.

Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar mengatakan, pihaknya menanamkan komitmen meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan dukungan teknologi informasi.

Di antara sekian banyak layanan berbasis digital yang diciptakan Perumdam TKR adalah
Sistem Informasi Pelanggan (Simpel TKR) dan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) atau tata kelola hubungan pelanggan berbasis digital.

“Dengan kedua terobosan tersebut kami pun dapat meningkatkan pelayanan terhadap para pelanggan,” ujar Sofyan melalui laman resmi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang.

Pelayanan berbasis digital Perumdam TKR tersebut yaitu aplikasi Sistem Informasi Pelanggan (Simpel TKR) yang bisa diunduh oleh pelanggan di PlayStore dan Apps Store. Fitur–fitur yang dapat dimanfaatkan pelanggan yaitu fitur Daftar Pasang Baru, Pengaduan, Lapor Meter Mandiri, Informasi Tagihan Pelanggan, dan Fitur Pembayaran.

“Melalui aplikasi Simpel TKR , pelanggan dapat melihat terlebih dahulu jumlah tagihan rekening, penyampaian pengaduan, termasuk pendaftaran pemasangan sambungan baru. Selain itu, pelanggan bisa melakukan lapor meter meter mandiri sehingga angka meter dapat dimonitoring secara bersama-sama oleh pelanggan dan pihak Perumdam TKR,” tutur Sofyan.

“Bahkan kami pun mengembangkan fitur Point Reward sebagai penghargaan bagi pelanggan setia Perumdam TKR Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Tak hanya Simpel TKR, sebelumnya sederet terobosan juga telah dilakukan Perumdam TKR di antaranya dengan melahirkan inovasi pengadaan secara elektronik atau dikenal dengan E-Procurement.

Dengan diluncurkannya E-Procurement, maka Perumdam TKR kini bisa melakukan pengadaan barang dan jasa secara mandiri. Pasalnya, selama ini, pengadaan barang dan jasa secara elektronik di Perumdam TKR masih menginduk kepada LPSE Kabupaten Tangerang.

Aplikasi E-Procurement ini diluncurkan 25 Mei 2022 di Bandung, Jawa Barat dengan nama Eproc.perumdamtkr.com.

Berturut-turut Raih Penghargaan

Caption;
Perumdam TKR memboyong empat tropi sekaligus pada ajang BUMD Awards 2023 yang digelar di salah satu hotel bintang lima di Jakarta, Rabu, 5 April 2023. (FOTO: perumdamtkr.com)

Terobosan-terobosan yang dilakukan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang ini sukses membuat BUMD yang dulu bernama PDAM TKR Kabupaten Tangerang dalam kurun lima tahun terakhir sukses meraih empat kali Top BUMD Awards.

Teranyar, Perumdam TKR Kabupaten Tangerang sukses meraih empat tropi sekaligus dalam ajang BUMD Awards 2023.

Pada event yang berlangsung Rabu, 5 April 2023 di salah satu hotel bintang lima di Jakarta itu, Perumdam TKR memboyong empat tropi sekaligus, yaitu Top Pembina BUMD 2023 untuk Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Top BUMD PDAM Bintang Lima 2023, Top CEO BUMD 2023 untuk Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar, dan Top BUMD Bidang Customer Relationship Management (CRM).

Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar mengungkapkan, prestasi yang diraih adalah cerminan dari kerja keras semua keluarga besar Perumdam TKR, dukungan dari kepala daerah Kabupaten Tangerang serta stakeholder lainnya.

“Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bupati Tangerang Bapak Ahmed Zaki Iskandar, Ketua Dewan Pengawas Bapak Mochamad Maesyal Rasyid serta jajaran, serta keluarga besar Perumdam TKR dan stakeholder lainnya,” kata Sofyan.

“Penghargaan ini bukan tujuan, melainkan hanya semacam bonus yang kami raih atas pencapaian kinerja, karena kewajiban kami yang sesungguhnya adalah terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang serta pelanggan Perumdam TKR lainnya,” sambungnya.

Dongkrak PAD

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar bersama Dirut Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar saat pengesahan RKA 2023.(Istimewa)

Strategi pemanfaatan IT yang ditetapkan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, telah terbukti ampuh melalui masa krisis Pandemi COVID-19 sepanjang 2020-2022.

Seperti diketahui, Pandemi COVID-19 merupakan masa-masa berat bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali Perumdam TKR Kabupaten Tangerang.

Meski demikian, di tengah mengganasnya ancaman COVID-19, seluruh komponen Perumdam TKR justru terus berada di garda terdepan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Mereka sadar, penyediaan air bersih merupakan kebutuhan pokok atau kebutuhan sehari-hari yang sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan masyarakat.

Kerjas cerdas, keras dan ikhlas jajaran Perumdam TKR Kabupaten menuai hasil. Perusahaan plat merah ini berhasil menorehkan pertumbuhan kinerja yang sangat baik pada masa-masa pandemi COVID-19 itu.

“Alhamdulillah, puji dan syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmatNya perusahaan dapat melewati tahun 2021 dengan pertumbuhan kinerja yang sangat baik,” kata Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar seperti dilansir laman resmi Perumdam TKR awal 2022 lalu.

“Tahun 2021 telah berlalu dengan pengalaman yang masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu menghadapi pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih melanda Indonesia dan seluruh belahan bumi,” sambungnya.

Menurut Sofyan, pandemi menyadarkan betapa semua orang harus selalu waspada dan memperhatikan kesehatan diri dan keluarga serta orang-orang di sekitar untuk dapat bertahan dari serangan virus mematikan ini.

“Tidak ada jalan lain selain kita ikut berbuat dan berusaha untuk memutus mata rantai penyebarannya,” ucapnya.

Di tengah ancaman pandemi COVID-19, lanjutnya Perumdam TKR terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, karena penyediaan air bersih merupakan kebutuhan pokok atau kebutuhan sehari-hari yang sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan masyarakat.

Tak hanya berhasil lolos dari ‘amukan’ pandemi COVID-19, selama dua tahun terakhir Perumdam TKR telah berhasil meraih capaian kinerja yang membanggakan dengan membantu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tangerang.

“Pertama, kontribusi ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) berupa dividen kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tahun buku 2021 yang sudah diaudit senilai Rp27.490.676.116,- yang telah disetorkan pada tahun 2022. Sedangkan dividen tahun buku 2022 yang belum diaudit senilai Rp27.744.542.456,-.” ungkap Sofyan.(ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...