Dulu Selalu Beda Kubu, Para Purnawirawan TNI Berpengaruh Ini Kini Berbalik Dukung Prabowo? 

Date:

Prabowo Subianto memeluk warga terdampak gempa Cianjur. (Tim media Prabowo Subianto/detik.com)

Berita Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres, Wiranto menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Republil Indonesia, Prabowo Subianto, Senin, 1 Mei 2023.

Pertemuan dua tokoh purnawirawan TNI digelar dalam rangka silaturahmi Idul Fitri. Pertemuan berlangsung di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Prabowo memuji Wiranto yang sudah mendampingi lima presiden Republik Indonesia.

“Karena itu lah Pak, Bapak sudah mendampingi 5 Presiden, Bapak harus dampingi 6 Presiden. Kita daulat Pak, Bapak kita daulat, bukan diminta, Bapak didaulat. Jadi sulit Pak buat nolak,” ucap Prabowo yang disambut tawa oleh semua orang yang hadir dalam pertemuan tersebut dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo juga turut mengapresiasi dukungan yang telah diberikan oleh Wiranto untuknya. Ia menyebut, dukungan tersebut begitu bermakna lantaran dapat menjadi pendorong perjuangannya untuk bangsa dan negara.

“Terima kasih dorongan bapak, moril, ini kayak booster energi bagi kami. Saya butuh dukungan bapak, dukungan senior-senior. Karena sumpah kita waktu itu kan jiwa raga kita untuk bangsa dan negara,” ujar Prabowo.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh gelak tawa tersebut, Prabowo juga mengingatkan akan pentingnya persatuan dan kesatuan di antara para pemimpin bangsa ini.

“Saya kira bangsa dan negara harus liat, pemimpin-pemimpinnya itu kompak bersatu. Kita sudah cukup Pak, pengalaman, selalu diadu-adu dan sebagainya,” katanya.

Merespons hal tersebut, Wiranto lantas mengingatkan jika perjuangan untuk bangsa dan negara ini tidak semata dalam konteks melawan musuh, namun lebih dari itu, berjuang untuk melawan kemiskinan, kebodohan, dan ketidakadilan.

“Ada satu lagi, biar badan hancur lebur siap bertempur, arti sebenarnya the soldier never die. Bertempur itu sekarang bukan bertempur melawan musuh, bertempur melawan kemiskinan, kebodohan, ketidakadilan,” ujar Wiranto.

Selalu Beda Kubu

Sepanjang perjalanan kontetasi Pilpres 2014 dan 2019, Wiranto dan Prabowo selalu berbeda kubu. Wiranto tercatat pada dua Pilpres itu selalu berada di kubu Joko Widodo yang saat itu menjadi rival Prabowo.

Tak hanya Wiranto, tokoh TNI berpengaruh lainnya yang kerap berseberangan dengan Prabowo saat Pilpres adalah mantan Ketua BIN, AM. Hendropriyono.

Kekinian, Pabowo Subianto telah mengelar pertemuan dengan seniornya tersebut dalam rangka silaturahmi Idul Fitri pada Selasa, 25 April 2023.

Dalam keterangan tertulis Tim Media Prabowo Subianto yang diterima Kamis, 27 April 2023 seperti dilansir detik.com, Prabowo dalam pertemuan itu disambut hangat oleh keluarga besar Hendropriyono banyak berbincang mengenai masa-masa keduanya masih aktif sebagai prajurit TNI Angkatan Darat.

Menurut Hendro, silaturahmi ini menggambarkan sosok Prabowo yang menjunjung tinggi adab terhadap seniornya. Hendro mengaku senang dan menghargai kunjungan dari Prabowo.

“Saya sangat menghargai dan bangga karena masih ingat sama saya orang tua. Ya kalau dikunjungi oleh juniornya kan rasanya happy,” kata Hendro.

Hendro menyebut Prabowo selalu menghargai senior-seniornya sejak muda. Pribadi Prabowo yang menghargai para seniornya, kata Hendro, sangat menonjol sehingga membentuk karakter Prabowo saat ini.

“Prabowo memang dari mudanya dulu selalu menghargai senior-seniornya dan tidak pernah menyakiti seniornya, bahkan sebaliknya gitu saya tahu bahwa beliau ini berkeliling udah ke Pak Try Sutrisno ke mana-mana, ya. Inilah salah satu titik yang kuat, yang menonjol pada pribadinya Pak Prabowo,” ujar Hendro.

Hendropriyono juga menyebut Prabowo selalu memberikan warna kepada lingkungannya. Kehadiran Prabowo, kata Hendro, akan terus menghasilkan atmosfer yang berbeda di mana pun dia berada.

“Di mana pun dia berada. Sejak dia jadi wakil komandan penanggulangan teror Densus 88 bersama Pak Luhut Pandjaitan. Saya perhatikan dengan sungguh-sungguh cermat, saya ikuti. Itulah karakternya. Selain menghargai senior, orang yang lebih tua juga orangnya selalu memberi warna kepada lingkungan. Tidak pernah sebagai nobody. Pasti dia somebody,” lanjut mantan Komandan Kodiklat TNI AD ini

Hendro pun berdoa untuk Prabowo selalu sukses di dalam pengabdiannya kepada negara dan bangsa Indonesia. Ia menilai, Prabowo memiliki terobosan-terobosan dalam mencapai suatu tujuan.

“Pesan saya bahwa, saya dan teman-teman, para senior, berdoa supaya dia selalu sukses di dalam pengabdiannya kepada negara dan bangsa Indonesia. Karena dia adalah orang yang penuh inisiatif dan juga orang yang punya pikiran out of the box. Terobosan-terobosan untuk mencapai satu tujuan,” ujar Hendro

 

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...