Menikmati Jalur Mudik Lebak

Date:

Dian Wahyudi. (Istimewa)

BantenHits – Selama bulan Ramadan saya melakukan kunjungan dua kali ke Lebak Selatan, keliling ke kecamatan Cigemblong, Cijaku, Malingping dan Wanasalam.

Alhamdulillah, dari mulai kampung Cempa kecamatan Kalanganyar sampai pertigaan ruas jalan kampung Cikapek kecamatan Leuwidamar lancar jaya, karena sudah di Cor rabat beton.

Hanya, ruas jalan setelah kampung Cikapek sampai pertigaan Tungtung Batu kecamatan Cirinten terdapat beberapa ruas jalan yang berlubang, tapi tidak cukup mengganggu, ruas jalan masih dirasa normal.

Begitu pula, ruas jalan dari Tungtung Batu kecamatan Cirinten, mungkin tinggal sekitar 1,5 km lagi yang belum di hotmix. Jalan menuju kecamatan Cigemblong sudah di hotmix dan di cor beton. Lancar jaya, bahkan jika perjalanan kita nikmati, kiri kanan jalan memberikan bonus landscape alam yang luar biasa indahnya. Hamparan sawah, bukit hijau nan eksotik di sepanjang perjalanan.

Alam Lebak memang indah. Disekitaran Desa Cibeureum kecamatan Cijaku berbatasan dengan kecamatan Cigemblong cukup banyak perbukitan yang menawan, potensi yang perlu di kembangkan suatu saat nanti.

Sayangnya, selepas pasar Cikupa Cigemblong, jalanan mulai bergoyang, cukup banyak ruas jalan yang berlubang. Sigana PUPR Lebak poho ngahadean di taun ieu (kayaknya PUPR Lebak lupa menjadwalkan perbaikan di tahun ini).

Padahal, ruas jalan yang mulus, minimal perbaikan jelang Lebaran Idul Fitri 1444 H, sangatlah penting, agar para pemudik merasa nyaman mudik ke kampung halaman.

Melintasi kecamatan Malingping, ruas jalan relatif baik, sudah di cor beton.

Memasuki kecamatan Wanasalam via lintas RS Malingping, berbelok ke ruas jalan beberapa desa arah kantor kecamatan Wanasalam ruas jalan cukup banyak yang berlubang. Potret yang biasa kita jumpai di hampir sebagian besar desa-desa di kabupaten Lebak.

Jika kita melintas arah kecamatan Gunungkencana via kerta maupun via Curahem ruas jalan relatif baik. Ruas jalan Parakan lima kecamatan Cirinten juga kabarnya sudah di hotmix (semoga sudah, terakhir melintas sedang dilakukan pengerasan jalan).

Hanya saja, beberapa ruas jalan di Cileles dan Cikulur masih terdapat ruas jalan yang labil, kerap longsor, sehingga diharapkan pengguna jalan harus kerap berhati-hati, apalagi jika dalam suasana hujan.

Sementara jika ke arah kecamatan Maja, Curugbitung, Sajira, Cipanas dan Lebakgedong ruas jalan utama, baik kabupaten maupun Provinsi relatif sudah cukup baik.

Ruas jalan provinsi dari kecamatan Rangkasbitung menuju kecamatan Cipanas, terakhir melintas bahkan baru saja di hotmix kembali.

Jalan by pass juga sudah bisa dilalui dengan lancar, pekerjaan cor beton yang sebelumnya kerap membuat macet sudah selesai dikerjakan.

Hanya saja, ruas jalan menuju Desa Citeras, pekan kemarin masih berkutat di pengerjaan penyelesaian jembatan, sehingga kerap terjadi kemacetan buka tutup ruas jalan.

Untuk ruas jalan via Sampay kecamatan Warunggunung menuju kecamatan Cikulur cukup lancar, hanya di tanjakan Tajur yang sebelumnya longsor, masih “dijaga” oleh para pemuda, karena mungkin masih dianggap rawan kecelakaan.

Ruas jalan kampung Aweh kecamatan Kalanganyar, yang dikerjakan selama hampir tiga bulan juga Alhamdulillah sudah selesai dikerjakan. Ngan tadi tea, ternyata hanya perbaikan, semoga ke depan semuanya di cor beton. Semoga awet satahun, maklum saja cukup banyak truck bertonase berat melintas di ruas jalan ini.

Mungkin tidak semua ruas jalan terpotret secara utuh, setidaknya ada upaya dari para pihak pemangku kepentingan untuk terus melakukan berbagai perbaikan.

Terima kasih kepada PUPR Lebak, Provinsi Banten dan Nasional yang telah berdedikasi untuk kelancaran jalur mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H, semoga dicatat sebagai Amal Ibadah oleh Allah SWT.

Mohon maaf lahir dan batin.

Penulis: Dian Wahyudi (Anggota Komisi IV DPRD Lebak)

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mencari Independensi Media Dalam Pemberitaan Politik

Bantenhits - Peran media dalam panggung politik kontemporer semakin...

Gunung Batu Desa Anti Korupsi

Bantenhits - Beberapa waktu yang lalu, Selasa, 31 Januari...

Geger Sambo dari Perspektif Mahasiswa Komunikasi; Catatan Kritis untuk Perubahan Polri

Mata publik seolah tak pernah berhenti menguntit setiap detail...

Ada Waktunya

BantenHits- Sedari pagi, saya sengaja sudah melakukan persiapan untuk...