FPK Lebak: Suku Papua, Madura hingga Nias Turut Memeriahkan Seba Baduy 2023

Date:

FPK Lebak memeriahkan Seba Baduy 2023. Beberapa suku ternama di Tanah Air turut dipamerkan. (Istimewa)

Berita Lebak– Belasan anggota Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Lebak turut memeriahkan gelaran Seba Baduy, Jumat, 28 April 2023.

Mereka nampak kompak mengenakan pakaian – pakaian adat di Indonesia sebari menyambut kedatangan warga suku baduy di Rangkasbitung.

Ketua FPK Lebak, Abdurrhosyid Ashshidiq menjelaskan, perwakilan beberapa suku menampilkan musik etnik serta tarian dari perwakilan etnis dan suku.

Salah satu suku yang tampil meramaikan rangkaian gelaran seba Baduy berasal dari Papua.

Kata Rosyid, pihaknya menyelenggarakan pentas budaya yang menampilkan tarian dari berbagai suku di Indonesia ini, untuk menjadi media kebersamaan dalam persatuan.

“Karena setiap suku atau etnis memiliki ciri masing-masing yang indah, dan perbedaan pada tarian tersebut sebenarnya menggambarkan bahwa perbedaan itu indah, jika kita menggunakan cara pandang yang benar,” kata Rosyid, Jumat, 28 April 2023.

Sebab kata dia, bangsa ini berhasil merebut kemerdekaannya dan berdiri sampai dengan saat ini karena ditopang oleh seluruh anak bangsa yang berasal dari berbagai latar belakang daerah, suku, etnis, dan agama, sambungnya.

Dengan perpaduan berbagai perbedaan dalam suatu tarian atau seni pertunjukan itulah, lanjut dia mudah dimaknai seperti kehidupan sehari-hari.

“Saling mengapresiasi, saling dukung, dan yang paling penting saling komunikasi agar terjadi kesepahaman, bukan mengedepankan perbedaan untuk kepentingan yang tidak sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa,”tuturnya.

Rasyid memaparkan beberapa suku yang hadir pada Seba Baduy 2023 , diantaranya dari suku Madura, Batak, Jawa, Sunda, Papua, Manado, Lampung, Nias dan beberapa suku lainnya.

Kehadiran perwakilan suku-suku pada Seba Baduy menarik perhatian para pengunjung. Silih berganti, para pengunjung berpoto bersama belasan anggota FPK ini.

Untuk diketahui, FPK dibentuk untuk menjaga kerukunan suku bangsa dan mengantisipasi pemecah belahan dari luar.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...