Terobosan Pemkot Cilegon Jadi Percontohan Lagi, Giliran Inovasi Teknologi Tepat Guna Jadi Inspirasi Kabupaten Tapin

Date:

Inovasi Teknologi Tepat Guna atau TTG Pemkot Cilegon menjadi inspirasi Kabupaten Tapin. Rombongan Pemerintah Kabupaten Tapin pun datang ke Pemkot Cilegon untuk belajar langsung inovasi TTG, Selasa, 20 Juni 2023. (FOTO: Dok. Dinas Infokom Kota Cilegon)

Berita Cilegon – Terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota atau Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Helldy Agustian seperti tak henti-hentinya jadi percontohan bagi wilayah lain. Kekinian, giliran inovasi Teknologi Tepat Guna atau TTG di Kta Cilegon menjadi inspirasi Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian dan sejumlah Kepala Dinas Kota Cilegon menyambut dengan hangat kunjungan puluhan rombongan studi tiru dari Kabupaten Tapin ke Pemerintah Kota Cilegon, Selasa, 20 Juni 2023. Kunjungan ini bertujuan untuk belajar tentang inovasi TTG yang dimiliki oleh Kota Cilegon.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat menyambut rombongan Kabupaten Tapin yang ingin belajar inovasi tepat dari Pemkot Cilegon, Selasa, 20 Juni 2023. (FOTO: Dok. Dinas Infokom Kota Tangerang)

Dalam kesempatan tersebut, Helldy yang merupakan kepala pemerintahan Kota Cilegon, sangat bangga dan bersyukur karena inovasi teknologi tepat guna yang dimiliki oleh Kota Cilegon kembali menjadi proyek percontohan bagi wilayah lain.

Ia dengan tulus berbagi pengetahuan kepada seluruh rombongan yang hadir, termasuk Kepala Inspektorat Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Unda Ansori; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tapin, Drs Rahmadi; Camat se-Kabupaten Tapin, Kasi Perekonomian Kecamatan se-Kabupaten Tapin, dan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Piani.

“Alhamdulillahirobbilalamin, kami kembali kedatangan tamu, kali ini dari Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, yang dipimpin langsung oleh Pak Inspektorat Unda Ansori. Kami mengucapkan terima kasih karena mereka ingin berkunjung langsung ke posyamtek yang ada di Kota Cilegon. Ini adalah bukti bahwa pemerintah Kota Cilegon selalu melakukan inovasi, dan inovasi ini, Insya Allah, dapat menular ke kabupaten/kota lain di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tapin,” ujar Helldy.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Unda Ansori, mengungkapkan bahwa tujuan kunjungannya bersama puluhan rombongan dari Kabupaten Tapin ke Kota Cilegon adalah untuk belajar sekaligus meminta masukan terkait teknologi tepat guna yang telah diraih oleh Kota Cilegon beberapa waktu lalu.

“Yang jelas, kami ingin meminta masukan dari Pemerintah Kota Cilegon terkait teknologi tepat guna yang telah diraih oleh Kota Cilegon saat di Bandar Lampung kemarin. Hal ini dapat menular dan akan kami terapkan di wilayah kami,” kata Unda Ansori, yang ternyata berasal dari Menes, Kabupaten Pandeglang ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tapin, Drs Rahmadi, menambahkan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk belajar dan memperluas wawasan dirinya dan masyarakat Kabupaten Tapin dalam mengelola Posyantek agar dapat menghasilkan inovasi teknologi tepat guna yang bermanfaat.

“Saya sangat bersyukur atas kunjungan kerja kami yang sangat diterima oleh Pemerintah Kota Cilegon. Kami ingin belajar bagaimana mengelola Posyantek yang kami miliki agar dapat menghasilkan inovasi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga ingin memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada sesuai dengan lingkungan masing-masing. Ketika wawasan kami terbuka, kami yakin akan muncul inovasi dan teknologi baru dari pemerintah, baik itu dalam sosialisasi, pemberian modal, maupun bantuan. Ini akan mempercepat proses inovasi dan pengembangan teknologi tepat guna di daerah kami,” pungkas Rahmadi.

Dengan kunjungan rombongan studi tiru ini, Kota Cilegon semakin diakui sebagai pusat inovasi teknologi tepat guna yang dapat memberikan manfaat bagi wilayah lain di Indonesia. Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi ini dan mendukung penerapannya di daerah lain guna kemajuan dan kesejahteraan bersama.(ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...