Emak-emak Lebih Tegas soal Capres Pilihan 2024 Dibanding ASN

Date:

Mayoritas emak-emak dan ASN akan memilih Prabowo Subianto sebagai capres Pilihan 2024. ILUSTRASI: Prabowo Subianto memeluk warga terdampak gempa Cianjur. (Tim media Prabowo Subianto/detik.com)

Berita Pilpres – Survei kekinian yang dilakukan Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada kurun 20-29 Juni 2023 di 34 provinsi di Indonesia, memotret fenomena unik seputar karakteristik emak-emak dan aparatur sipil negara atau ASN dalam mengungkapkan calon presiden pilihan pada Pemilu 2024.

Survei yang dilakukan kepada 1.200 responden ini menunjukkan, baik emak-emak atau ASN mayoritas menyatakan akan memilih Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia 2024.

Namun, yang menarik emak-emak pada survei ini terlihat tegas menyatakan pilihan. Hal tersebut diketahui dari kecilnya angka emak-emak yang belum menentukan pilihan yakni 9,4 persen.

Peneliti senior LSJ, Fetra Ardianto dalam paparannya pada Senin, 3 Juli 2023 mengungkapkan di kalangan emak-emak atau ibu rumah tangga, sebanyak 36,7 persen responden dari mereka lebih memilih Prabowo menjadi presiden. Sebanyak 32,5 persen mengaku memilih Ganjar dan 21,4 persen menjatuhkan pilihannya kepada Anies.

“Sementara 9,4 persen lainnya masih belum dapat menentukan pilihan,” ungkap Fetra dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Masih Banyak ASN Belum Tentukan Pilihan

Berbeda dari kalangan emak-emak, ASN yang belum menentukan Capres pilihan pada Pemilu 2024 tergolong cukup tinggi mencapai 28 persen.

Di kalangan ASN, sebanyak 38,6 persen mengaku akan memilih Prabowo. Sementara 26,9 persen dari mereka menyatakan memilih Ganjar Pranowo. Sedangkan yang memilih Anies Baswedan sebesar 5,8 persen dan 28,7 persen masih belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihannya.

“Yang menarik dalam temuan kali ini adalah masih besarnya presentase ASN yang menjawab tidak tahu. Ini menegaskan para ASN masih dihinggapi ketakutan menyatakan pilihan politiknya kendati keterbukaan dan reformasi telah berlangsung 25 tahun lebih,” ungkap Fetra dalam paparannya.

Survei yang dilakukan LSJ ini memiliki batas kesalahan atau margin of error kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Sumber: Suara.com

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...