Dapat Penghargaan KPK, Ternyata Nilai MCP Pemkot Tangerang Juara di Banten!

Date:

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat menerima penghargaan dari Ketua KPK Firli Bahuri, Kamis, 25 Agustus 2023.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Kamis, 24 Agustus 2023.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah dari Ketua KPK Firli Bahuri didampingi Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat acara Pelepasan Roadshow Bus KPK ke Pulau Sumatera.

Pemkot Tangerang diganjar penghargaan atas kontribusinya dalam Program Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi yang merupakan upaya KPK dalam membangun budaya anti korupsi di Indonesia.

“Tentunya ini jadi komitmen kita bersama untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi,” ujar Arief seusai acara yang dilaksanakan di Gedung Merah Putih, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2023 dilansir keterangan resmi.

Upaya Pemberantasan Korupsi

Arief juga menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Tangerang sebagai bentuk komitmennya dalam pemberantasan korupsi.

Upaya-upaya itu, mulai dari regulasi pendidikan anti korupsi, pembelajaran anti korupsi di sekolah, pembentukan guru berintegritas, pembentukan unit pengendalian gratifikasi, dan penyuluhan anti korupsi

“Kita ingin menanamkan budaya anti korupsi sedini mungkin dan oleh karenanya kita bentuk guru berintegritas, dan pembelajaran anti korupsi di tingkat sekolah,” paparnya.

Sebagai informasi nilai Monitoring Center for Prevention (MCP) kota Tangerang sebesar 92,3 %, tertinggi untuk tingkat Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten.

MCP sendiri merupakan penilaian KPK terhadap Capaian pencegahan korupsi pada 7 (tujuh) area, yaitu Perencanaan dan Penganggaran Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak, dan Pengelolaan  Barang Milik Daerah (BMD).

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi tidak hanya menjadi tanggung jawab KPK, namun harus dilakukan secara bersama-sama.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk bisa melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi,” tuturnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...