Ucapan Gus Dur soal ‘Orang Paling Ikhlas’ Bikin Mayoritas Pemilih PKB Loyal sama Prabowo

Date:

Berdasarkan survei kekinian IPS, pemilih PKB mayoritas loyal untuk memilih Prabowo Subianto sebagai presiden pada Pemilu 2024. ILUSTRASI: Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di acara PKB Road to Election 2024 di Tennis Indoor Senayan, Minggu, 30 Oktober 2022. Di hadapan kader PKB, Prabowo menyebut Jokowi seorang yang berani karena mengunjungi Ukraiana yang sedang berperang dengan Rusia. (FOTO: detik.com)

Berita Pilpres – Meski Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB telah resmi mengusung ketua umumnya sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan, namun keputusan politik tersebut tak serta merta memengaruhi pemilih PKB di tingkat akar rumput.

Bahkan yang terjadi justru sebaliknya. Mayoritas pemilih PKB justru menyatakan loyal dan akan tetap memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil survei terbaru Indonesia Polling Stations (IPS), dimana survei tersebut memperlihatkan masih kuatnya daya tarik Prabowo Subianto di lingkungan akar rumput PKB.

Peneliti Senior IPS, Alfin Sugianto mengungkapkan, berdasarkan hasil survei  lembaganya menunjukkan sebanyak 42,3 persen pemilih PKB mengaku memberikan dukungannya untuk Prabowo. Kemudian, sebanyak 36,5 persen memilih Ganjar Pranowo dan 15,2 persen mendukung bakal capres Anies Baswedan.

“Kendati partai yang dikomandani Muhaimin Iskandar itu bulat mendeklarasikan diri mendukung bacapres (bakal calon presiden) Anies Baswedan, sebagian besar pemilih partai masih loyal pada bacapres Prabowo Subianto,” kata Alfin melalui keterangannya yang diterima Suara.com–jaringan  BantenHits.com–Selasa, 26 September 2023.

Perilaku Pemilih Terungkap

Alfin mengungkap dalam hasil survei terdapat anomali dari perilaku memilih atau voting behavior. Itu berkaitan dengan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang pernah melontarkan pernyataan bahwa Prabowo adalah tokoh yang paling ikhlas untuk Indonesia.

“Gus Dur pernah mengatakan tokoh yang paling ikhlas mengurus rakyat adalah Prabowo,” ujarnya.

Oleh sebab itu, adanya pernyataan dari Gus Dur tersebut sedikit banyak mendorong para pemilih PKB untuk tetap loyal mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang. Hal itu disinyalir menjadi pertimbangan utama para konstituen PKB lebih memilih Prabowo dibandingkan kandidat Capres lainnya.

“Gus Dur juga mengatakan, Prabowo akan menjadi Presiden RI pada usia senja. Ini tampaknya yang menjadi pertimbangan utama konstituen PKB lebih memilih Prabowo daripada bacapres yang diusung partainya,” ujar Alfin.

Survei IPS dilakukan pada 5-15 September 2023. Sebanyak 1.200 responden dilibatkan dalam pengambilan survei tersebut.

Pengambilan survei dilakukan dengan menggunnakan teknik acak bertingkat. Batas kesalahan pada survei kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Suara.com 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...

Peluang Koalisi PDIP-Golkar Pada Tiga Periode Pilkada Kabupaten Serang Terbuka Lebar

Berita Serang - Peluang koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...