Yuk, Kenali Prostat! Penyakit yang Membuat Kepulangan Mentan Syahrul Yasin Limpo dari Luar Negeri Terhambat

Date:

FOTO ILUSTRASI: Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat menyerahkan KUR pada petani di Kabupaten Serang beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Berita Jakarta – Menteri Pertanian atau Mentan, Syahrul Yasin Limpo dikabarkan menderita prostat dalam lawatan dinasnya ke sejumlah negara. Penyakit tersebut membuat kepulangan politisi Partai NasDem ke Indonesia menjadi terhambat.

Kabar soal sang menteri terserang prostat disampaikan Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni. Menurutnya, Syahrul Yasin sedang menjalani pengobatan di luar negeri. Sehingga rencana kepulangannya pada Minggu, 1 Oktober 2023 harus ditunda.

“Pak Mentan kena prostat jadi nggak bisa pulang ke Indonesia tanggal 1 Oktober,” kata Sahroni dikonfirmasi Suara.com–jaringan BantenHits.com, Selasa, 3 Oktober 2023.

Di sisi lain, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kini tengah membongkar dugaan korupsi di kementerian yang dipimpin Syahrul Yasin Limpo. Bahkan, KPK telah melakukan penggeledahan di sejumlah tempat termasuk rumah dinas Syahrul dan Kantor Kementerian Pertanian.

Bagaimana prostat bisa menyerang dan seberapa bahaya untk tubuh? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Prostat adalah kelenjar di sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih (uretra) di Mr P atau penis. Kelenjar ini tepat berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum.

Kelenjar prostat berfungsi untuk memproduksi dan mengeluarkan cairan yang menjadi komponen dari air mani yang disebut semen. Selain itu, kelenjar ini berperan dalam produksi hormon dan membantu mengatur aliran urine. Prostat rata-rata berukuran sebesar biji kenari atau bola ping-pong.

Namun, seiring bertambahnya usia, ukuran prostat bisa menjadi lebih besar. Misalnya, saat berusia 40 tahun, kelenjar ini kemungkinan telah berukuran sebesar aprikot.

Sayangnya, ukuran prostat yang terlalu besar bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang sering disebut sebagai penyakit prostat.

Berikut ini macam-macam penyakit prostat yang harus diwaspadai melansir situs Prodia:

1. Prostat Membesar

Penyakit prostat ini terjadi akibat pembesaran kelenjar prostat yang menekan saluran kemih sehingga menyempit. Kondisi ini menyebabkan penderitanya merasa ingin buang air kecil, meski kandung kemih tidak terisi sama sekali.

Pembesaran prostat ini umumnya terjadi pada lelaki berusia di atas 50 tahun. Dalam kasus parah, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau kandung kemih.

2. Peradangan Prostat

Prostatitis atau peradangan prostat merupakan penyakit prostat yang sering terjadi pada lelako di bawah usia 50 tahun. Penyakit prostat ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran kemih, seperti Escherichia coli maupun infeksi menular seksual, seperti gonore dan klamidia.

Selain itu, cedera pada kelenjar prostat atau gangguan pada sistem saraf juga bisa menyebabkan prostatitis. Gejala peradangan prostat yang bisa dirasakan, di antaranya kesulitan buang air kecil, nyeri dan perih saat buang air kecil, nyeri saat ejakulasi atau berhubungan seksual, enggigil dan demam.

3. Kanker Prostat

Kanker prostat jadi salah satu kanker paling umum terjadi pada lelaki. Kanker ini terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal pada kelenjar prostat.

Sel-sel kanker bahkan dapat menyebar ke organ tubuh lain sehingga bisa sangat berbahaya. Namun, jika dideteksi sedini mungkin, peluang sembuh lebih besar.

Sumber: Suara.com

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...