Apresiasi Asistensi KPK di Kota Tangerang, Arief: Pajak dan Aset Jadi Kunci Keberhasilan Pembangunan Daerah

Date:

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat memberikan sambutan secara daring dalam acara Rapat Koordinasi, Pemantauan dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi yang dilaksanakan di Ruang Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa, 7 November 2023.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Pengelolaan pajak dan aset merupakan hal yang sangat penting. Karena pajak dan aset, menjadi kunci utama keberhasilan pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat memberikan sambutan secara daring dalam acara Rapat Koordinasi, Pemantauan dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi yang dilaksanakan di Ruang Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa, 7 November 2023.

Dalam rapat tersebut, Arief tidak bisa hadir secara langsung karena masih mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Jakarta.

Pada kesempatan itu, Arief R. Wismansyah menyampaikan apresiasinya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas asistensinya dalam upaya pencegahan korupsi di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

“Terima kasih dan apresiasi atas asistensi dari KPK terutama terkait masalah pajak dan aset,” kata Arief melalui keterangan resmi.

Arief, menyampaikan, pengelolaan pajak dan aset pemerintah menjadi sangat penting. Karena pajak dan aset daerah merupakan kunci utama keberhasilan pembangunan daerah.

“Pajak dan aset kalau sudah dimiliki pemerintah harus bisa dikembangkan untuk peningkatan pendapatan daerah,” jelas Arief di hadapan peserta rapat yang berasal dari OPD di lingkup Pemkot Tangerang dan juga perwakilan KPK.

“Bahkan kata Bu Menteri Keuangan, Sri Mulyani, ciri-ciri negara maju itu asetnya yang bekerja keras untuk menambah pendapatan negara bukan orangnya, namun di negara berkembang malah sebaliknya,” sambungnya.

Untuk itu, lanjut Arief, pihaknya sangat terbantu dengan keberadaan Tim KPK yang telah melakukan supervisi terhadap optimalisasi pengelolaan pajak dan aset untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita terus berusaha semaksimal mungkin agar setiap satu rupiah dari pajak maupun aset yang dimiliki Pemkot bisa gunakan untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kasatgas Korsupgah Wilayah II KPK, Agus Priyanto, menyampaikan harapannya agar Pemkot Tangerang bisa memaksimalkan aset yang dimiliki untuk peningkatan pendapatan daerah yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana (Pemkot) mengoptimalkan Barang Milik Daerah (BMD) yang ada untuk peningkatan potensi pendapatan,” harapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman, dalam pembukaan acara turut menyampaikan, berdasarkan Survei Penilaian Integrasi (SPI), Pemkot Tangerang merupakan Kota dengan capaian Monitoring of Center Prevention (MCP) tertinggi se-Provinsi Banten pada Tahun 2022 yaitu 92%.

Adapun berbagai capaian atas 7 area intervensi MCP meliputi perencanaan penganggaran 100%, pengadaan barang dan jasa 100%, perizinan 94%, pengawasan APIP 85%, manajemen ASN 95%, optimalisasi pajak daerah 85% serta manajemen aset daerah 83%.

“Artinya program pencegahan korupsi terintegrasi ini, memberikan dampak bagi masyarakat karena responden SPI diantaranya adalah masyarakat pengguna layanan Pemkot Tangerang.” ujar Sekda.(ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....