Puncak Arus Mudik 2024 di Banten Diprediksi H-2 Lebaran, 3.078 Personel Gabungan Diturunkan

Date:

Antrean Kendaraan di Pelabuhan Merak
FOTO ILUSTRASI antrean kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak. (Dok. Bantenhits)

Berita Banten – Puncak arus mudik 2024 di Banten diprediksi bakal terjadi pada H-2 Lebaran. Sementara, puncak arus balik terjadi pada H+3 Lebaran.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Banten, Irjen Pol. Abdul Karim seusai menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H di wilayah hukum Polda Banten. Rapat digelar di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis, 28 Maret 2024.

Menurut Abdul Karim, ASDP telah memprediksi arus mudik 2024 di Banten ini akan mengalami peningkatan sekitar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Oleh karena itu kita terus meningkatkan standar keselamatan lalu lintas, baik itu di dalam tol maupun alteri yang digunakan menuju pelabuhan penyeberangan Merak hingga kawasan wisata,” kata Abdul Karim dikutip BantenaHits.com darI laman resmi Pemprov Banten.

Pada kesempatan itu, Abdul Karim menyampaikan beberapa aspek yang menjadi perhatian bersama dalam kegiatan pengamanan arus mudik dan arus balik 2024, di antaranya soal kerja sama semua pihak terkait. Kemdudian soal sistem lalu lintas dan angkutan, melakukan pemetaaan, menyiapkan tempat antrian kendaraan yang menuju pelabuhan Merak serta menyiapkan pelayanan-pelayanan kepada para pemudik.

“Tahun lalu kita telah menggelar pelayanan tersebut dan kita berharap pada tahun ini kita dapat semakin memperkuat kualitas dan kuantitas pelayanan bagi masyarakat, termasuk dengan menggelar pelayanan berbasis teknologi informasi bagi masyarakat dalam penjualan tiket maupun untuk memantau arus lalu lintas,” ujarnya.

Dijelaskan Abdul Karim, Operasi Ketupat Maung Tahun 2024 akan dilakukan selama 13 hari yang rencananya akan dimulai 4 – 16 April 2024 dengan melibatkan 3.708 personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait lainnya.

“Para personil tersebut nantinya akan menempati pos pengamanan 36 lokasi, pos pelayanan 8 lokasi dan posko terpadu 7 lokasi,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....