Yuk! Belajar Mengelola Sampah dari Kampung Darling Sudimara Jaya Ciledug

Date:

Aktivitas pengolahan pupuk kompos di Kampung Darling. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Nama Kampung Darling atau Kampung Sadar Iklim Darling (Sadar Lingkungan) Sudimara Jaya bukanlah nama asing di kalangan pegiat lingkungan hidup di Kota Tangerang.

Komunitas yang berlokasi di Jalan Kav. Bulak Permai, RT 04/RW 11, Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang ini dikenal konsisten terus memberikan inspirasi cemerlang mengenai pengolahan sampah lingkungan.

Tidak tanggung-tanggung, Kampung Darling berhasil mengelola Bank Sampah sampai meraih berbagai penghargaan, mulai dari tingkat regional sampai nasional.

Kampung Darling sendiri merupakan salah satu kampung tematik unggulan yang mampraktikan program 3R (Reduce, Reuse, Recyle) di lingkungan pemukiman sekitar.

Berjalan secara konsisten, Kampung Darling mengembangkan bank sampah yang produktif, bahkan mempunyai 130 nasabah yang mampu mengumpulkan sekitar satu ton sampah bernilai ekonomis.

“Kampung Darling berawal dari pengembangan kampung tematik (2019) yang memanfaatkan sampah di lingkungan sekitar untuk dikelola sebagai sumber daya potensial,” kata Ketua Kampung Darling sekaligus Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sudimara Jaya, Sobirin, Jumat, 28 Juni 2024 dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

“Baru setahun kemudian, bank sampah dibentuk secara swadaya yang saat ini mempunyai ratusan partisipan bahkan mampu menggerakkan sirkulasi perekonomian di lingkungan sekitar,” sambungnya.

Tidak hanya pengolahan sampah semata, Kampung Darling juga berhasil memanfaatkan olahan sampah tersebut menjadi barang berguna serta bernilai ekonomis, seperti tempat sampah, pot tanaman, hiasan ruangan, pupuk tanaman, eco enzim alami, sampai minuman probiotik hasil fermentasi kulit nanas yang mengandung khasiat kesehatan yang terjamin.

“Keberhasilan pengelolaan Bank Sampah tersebut membawa Kampung Darling mendapatkan banyak penghargaan prestisius, seperti rutin memenangkan inovasi kampung tematik di Kota Tangerang, bahkan baru-baru ini dinobatkan sebagia Bank Sampah Unit Terbaik dari Kementerian LHK,” tambahnya.

Selain itu, Kampung Darling akan terus meningkatkan kolaborasi bersama pemerintahan, perusahaan, sampai akademisi untuk bersama-sama mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kampung peduli lingkungan yang bersih, asri, dan sehat di Kota Tangerang.

Saat ini, Kampung Darling dapat dikunjungi secara langsung yang berlokasi di Jalan Kav. Bulak Permai, RT 04/RW 11, Sudimara Jaya, Ciledug, Kota Tangerang.

“Kami berharap ke depannya partisipasi masyarakat sekitar dapat terus meningkat untuk mendorong kolaborasi pengembangan Kampung Darling ini lebih baik lagi,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Polsek Labuan Diminta Tak Abaikan Korban Dugaan Penipuan Konter HP di Labuan

Berita Pandeglang - Sejumlah korban dugaan penipuan sebuah konter...

Beredar Video Diduga Jual Beli Kursi Siswa SMA/SMK Negeri di Banten

Berita Banten - Beredar sebuah video diduga terkait jual...