Banten Sukses Kendalikan Inflasi dan Masuk Delapan Besar Wilayah Penyumbang Pangan Nasional

Date:

Provinsi Banten sukses mengendalikan inflasi dan masuk delapan besar wilayah penyumbang pangan nasional. FOTO Ilustrasi inflasi: elshinta.com.

Berita Banten – Provinsi Banten sukses mengendalikan inflasi. Pada Juni 2024, angka inflasi sebesar 2,49 atau di bawah rata-rata nasional.

Selain sukses mengendalikan inflasi, Provinsi Banten juga masuk delapan besar wilayah penyumbang kebutuhan pangan Nasional.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Tomsi Tohir secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Selasa, 2 Juli 2024.

Menurut Al Muktabar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus menggiatkan agenda pengendalian inflasi. Pemprov Banten juga  bersyukur dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan dalam pengendalian inflasi.

Terkait komoditas pangan, ungkap Al Muktabar, minyak goreng dan bawang putih yang perlu diantisipasi. Menurutnya, untuk komoditas lainnya cukup baik atau tersedia.

Masih menurut Al Muktabar, dalam Rakor juga dibahas tata kelola distribusi dan penyaluran pupuk bersubsidi ke petani serta pencetakan lahan sawah baru.

Diungkapkan Al Muktabar, Provinsi Banten memiliki potensi lahan seluas 23 ribu hektar untuk pencetakan sawah baru.

“Kita harus memiliki ketahanan pangan yang kuat. Provinsi Banten menempati posisi delapan besar pengkontribusi pangan nasional,” kata Al Muktabar dilansir laman resmi Pemprov Banten.

“Kita akan tingkatkan terus melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir mengatakan, rata-rata Inflasi nasional pada bulan Juni 2024 (years on years) turun menjadi 2,51 persen dari 2,84 persen.

Menurutnya, besaran inflasi 2,51 termasuk angka yg sangat baik capaiannya. Meskipun secara nasional pernah mencapai 2,28 persen pada bulan September.

“Atas kerja kita semua, angka ini bisa kita capai,” ucapnya.

Dirinya juga berpesan kepada provinsi dan kabupaten/kota untuk memaksimalkan pengendalian inflasi. Utamanya untuk provinsi dan kabupaten/kota yang angka inflasinya di atas rata-rata nasional.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mayoritas Pemilih pada Pilkada Serentak 2024 Menilai Usia Ideal Kepala Daerah Adalah 53 – 55 Tahun

Berita Jakarta - Mayoritas pemilih pada Pilkada Serentak 2024...

Produk UMKM Kabupaten Tangerang ‘Unjuk Gigi’ di Pameran Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 Kemendagri

Berita Jakarta - Produk-produk UMKM binaan Dinas Koperasi Kabupaten...