500 Warga Pandeglang Berebut Kursi Kades di 207 Desa

Date:

Ilustrasi Pilkades (Istimewa)

Pandeglang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, mencatat sudah ada sebanyak 500 orang yang mendaftarkan bakal calon kades (Balon) dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021.

“Kami sudah menerima laporan jumlah yang mendaftar Balon Kades dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Pandeglang yang bakal melaksanakan Pilkades. Jumlah sementara totalnya dari 32 Kecamatan itu ada sekitar 500 orang,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pemdes pada DPMPD Pandeglang, Asep Permana, Kamis 10 Juni 2021.

Kata dia, data yang sudah pasti daftar itu sewaktu-waktu bakal berubah. Karena selain pendaftaran masih berlanjut, maka dimungkinkan ada penambahan jumlah pendaftar. 

“Jumlah ini baru sementara, kemungkinan ada penambahan, karena waktu pendafataran masih ada hingga tanggal 12 Juni 2021 mendatang,” katanya.

Selain bertambah, kemungkinan bisa berkurang, karena nanti ada tahapan penyaringan Balon Kades sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kades di Masa Pandemi Covid-19. 

“Sesuai pasal 40 dalam Perbup itu, batas Calon Kades itu setiap desa minimal 2, dan maksimalnya hanya 5 calon. Jadi tak boleh kurang dan lebih dari ketentuan tersebut. Prosesnya nanti ada sesi penyaringan Balon Kades baik melalui pemeriksaan administrasi maupu tes,” ujarnya.

Ditambahkannya, sesi penjaringan Balon Kades itu bakal dilaksanakan dari penelitian berkas persyaratan yang bakal dilaksanakan selama 4 hari terhitung dari 22-25 Juni 2021 mendatang. 

“Setelah itu dilanjutkan penetapan Balon yang berhak mengikuti ujian yang tahapan penetapannya anggal 26 Juni 2021 nanti,” tambahnya.

Jika semua itu sudah dilalui tambahnya lagi, bakal masuk pada tahapan pelaksanaan ujian saringan dan penilaian selama 3 hari dari 27-29 Juni 2021. 

“Setelah itu barulah masuk pada penetapan hasil seleksi dan pengumuman calon yang berhak dipilih. Waktunya selama 2 hari terhitung dari 30 Juni – 1 Juli 2021,” tuturnya. 

Sementara, Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, yang berkaitan dengan pengamanan Pilkades sudah dipetakan oleh pihak TNI dan Polri. Bahkan ditiap-tiap Polsek maupun Koramil di 32 Kecamatan sudah dilakukan pembahasan. 

“Semua pengamanan sudah disiagakan oleh pihak TNI dan Polri. Semua kerawanan sudah dipetakan,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...