Connect with us

TEKNOLOGI

Situs DPRD Banten Diretas, Dipasang Lagu Jaran Goyang

Published

on

Serang – Situs Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten kena hack. Belum diketahui pasti kapan situs tersebut diretas. Alhasil, website dengan halaman dprd-bantenprov.go.id tersebut bukan memunculkan informasi seputar kegiatan wakil rakyat namun berubah dengan tampilan lain.

Saat Banten Hits mengakes, Sabtu (11/11/2017), laman website menampilkan gambar animasi kartun. Tidak ada pesan khusus yang ditampilkan oleh peretas.

Hanya tulisan “Touched by./Mr. Cakil #99Syndicate” yang diduga sebagai id peretas. Di bawahnya juga tertulis “kami hanya tertidur”. Terdapat pula sebuah alamat email dendisaiman5@gmail.com dengan perintah contact me. Sang hacker juga memutar lagu Jaran ‘Goyang Semar Mesem’ yang dipopulerkan Nella Kharisma.

Sebuah situs juga menyebut bahwa #99Syndicate pernah meretas Situs Bina Keterampilan Pedesaan Indonesia dengan pesan yang ditampikan serupa. Kabar diretasnya situs tersebut dipublish pada tanggal 21 Oktober 2017.

Sebelumnya, situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang juga kena retas. Laman penyelenggara pemilu tersebut berubah tampilan menjadi berwarna gelap dan muncul tulisan “mungkin nanti takdir yang akan bikin kita kembali seperti dulu Tihay”. Pada bagian atas tulisan tersebut tertera pula identitas hacker, Serizawa404-./DARKROOT.

Selain sebuah kalimat yang ditulis, hacker juga menambahkan sebuah lagu berjudul ‘Bring Me To Life’ yang dibawakan Evanescence band rock asal Amerika.

Terkait hal ini, Banten Hits masih berupaya mendapat penjelasan dari bagian sekretariat DPRD Banten.(Nda)

Trending