Connect with us

METROPOLITAN

Lumpuhkan CCTV dan Pintu Alarm, Komplotan Maling Kuras ATM dan Dagangan Indomaret di Nambo Ilir

Published

on

Indomaret di Nambo Ilir Kibin Serang Dibobol Maling

Kondisi ATM di dalam Indomaret Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, yang dirusak pelaku pencurian. Selain menguras isi ATM, pelaku juga menggasak barang dagangan di Indomaret. (Istimewa)

Serang – Sebuah Indomaret di Jalan Raya Serang-Jakarta, KM 68, Nomor 7, Kelurahan Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, dibobol maling. Pelaku dengan leluasa menggasak uang dalam mesin ATM di Indomaret serta menggondol barang jualan.

Aksi para pelaku tergolong profesional. Pasalnya pelaku melumpuhkan kamera CCTV dengan cara menyemprotkan cat pilok. Tak hanya itu, pelaku juga berhasil menaklukan pintu alarm yang terpasang di toko.

Kabid Humas Polda Banten AKBP Whisnu Cara mengatakan, aksi pencurian tersebut baru diketahui sekira jam 07.00 WIB, Selasa, 6 November 2018.

Dari pemeriksaan intensif petugas di lokasi kejadian, kata Whisnu, pihaknya telah berhasil merangkai kronologi aksi pencurian tersebut.

Indomaret di Nambo Ilir Kibin

Komplotan pencuri menguras isi ATM BCA di Indomaret Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. (Istimewa)

“Terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan modus jebol atap Indomaret. Hasil daripada pengecekan dan olah TKP, rangkaian kronologis yang didapat, diperkirakan pelaku terlebih dahulu memanjat tembok belakang Indomaret,” kata Whisnu kepada kepada awak media, Selasa, 6 November 2018

“Setelah memanjat tembok, kemudian pelaku tersebut menggunakan tangga yang dibuat atau disusun dengan beberapa potongan kayu. Anak tangga tersebut disambung dengan menggunakan tali ban atau karet ban diduga pelaku naik ke atap Indomaret kemudian merusak atap Indomaret dengan cara menggunting atau memotong atap seng yang berukuran sekitar 1,5 m x 1,5 m,” paparnya.

Setelah berada di dalam Indomaret, jelas Whisnu, pelaku kemudian menyemprotkan pilok terhadap kamera pengintai.

“Setelah itu pelaku mematikan alarm Indomaret yang berada di sisi luar pintu kaca dengan cara dicabut. Adapun tindakan yang telah dilakukan oleh pelaku untuk membobol mesin ATM yaitu dengan cara melakukan pengelasan dengan mesin las,” paparnya

“Ditemukan beberapa lubang di mesin ATM yang diduga digunakan pelaku untuk mengambil uang yang berada di dalam mesin ATM tersebut,” sambungnya.

Dari hasil olah TKP pihak kepolisian dan hasil pendataan barang-barang yang hilang, pelaku juga diduga telah mengambil beberapa rokok beserta makanan atau minuman yang lainnya yang ada di Indomaret.

“Diduga pelaku keluar melalui tempat yang sama pada saat masuk ke Indomaret,” terang Whisnu.

Dari pemeriksaan CCTV yang telah dilumpuhkan pelaku, diketahui bahwa pelaku melakukan pencurian tersebut dimulai dari pukul 23.19 WIB. Hal tersebut terlihat karena kamera CCTV bergoyang.

“Pukul 00.05 WIB, pelaku semprot CCTV. Pukul 00.30 WIB lampu dimatikan dan dicabut alarm. Pukul 01.00 wib kondisi tenang diduga pelaku sudah keluar,” pungkasnya.(Rus)

Trending