Pemkot Tangerang Produktifkan Lahan untuk Ketahanan Pangan

Date:

Banten Hits.com – Pemenuhi ketahanan pangan di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (pemkot) Tangerang, terus mengambil langkah strategis. Lahan-lahan yang saat ini banyak belum dimanfaatkan akan disulap menjadi lahan produktif pertanian guna mendukung ketahanan pangan di kota yang dikenal sebagai kota seribu industri ini.

Banten Hits.com – Pemenuhi ketahanan pangan di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (pemkot) Tangerang, terus mengambil langkah strategis. Lahan-lahan yang saat ini banyak belum dimanfaatkan akan disulap menjadi lahan produktif pertanian guna mendukung ketahanan pangan di kota yang dikenal sebagai kota seribu industri ini.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menjelaskan bahwa dengan kondisi lahan persawahan di Kota Tangerang yang sudah sangat terbatas, pihaknya mencoba memaksimalkan lahan-lahan yang ada dengan menanami tanaman produktif yang tercermin melalui program Tangerang Berkebun.

Selain itu, di wilayah perkotaan, Arief juga akan mendorong pengembangan sistem hidroponik yang tidak memerlukan lahan yang luas di wilayah perkotaan.

Arief juga memaparkan persoalan ketahanan pangan tidak hanya terfokus pada persoalan keterbatasan lahan, tapi juga pada sistem distribusinya. Sehingga pangan sebagai komoditas dagang memerlukan dukungan sistem distribusi dan perdagangan yang mumpuni sehingga tersedia pangan yang terjangkau oleh daya beli masyarakat.

Oleh karenanya Pemkot selama beberapa tahun terakhir telah membenahi sistem distribusi dengan membangun infrastruktur jalan yang bagus dan memperbaiki sistem transportasi.

Salah satu langkah yang tengah dijajaki dalam ketahanan pangan ini adalah dengan penandatangan perjanjian kerjasama Pemenuhan Ketahanan Pangan dengan pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0506 Tangerang.

Pemkot yang diwakili langsung oleh Wali Kota, Arief R. Wismansyah dan pihak Kodim yang juga diwakili Komandan Kodim (Dandim) Letkol. Irhamni Zaenal menyepakati untuk bersama-sama mewujudkan ketahanan pangan dikota Tangerang.

Sebagaimana tertuang dalam salah satu klausul kerjasama yang menyebutkan bahwa pihak Dandim siap untuk mendukung program pemkot dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui program Tangerang Berkebun maupun pemanfaatan lahan produktif, sebagai sumber pangan di Kota Tangerang.

Sebagai langkah awal pemkot akan memaksimalkan lahan seluas 10 hektar yang ada di Kampung Gunung Cipondoh. Direncanakan lahan tersebut akan ditanami padi yang merupakan bahan makanan pokok masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan Data Ketahanan Pangan yang dikeluarkan oleh Bappeda Kota Tangerang, kinerja ketahanan pangan di Kota Tangerang sudah baik dan melampaui standar pelayanan minimal yang ditetapkan oleh Kementrian Pertanian, terutama menyangkut ketersediaan energi kalori perkapita dimana Kota Tangerang mencapai 2200 kalori/kapita, dan juga ketersediaan energi protein yang mencapai 66,9 gram/kapita diatas batas minimal SPM yang berjumlah 51,3 gram/kapita.

Catatan bagus dalam ketahanan pangan juga terlihat dari pengendalian stabilitas harga pangan, yang juga mencerminkan kinerja bagus pemkot dalam mengintervensi stabilitas harga melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah. (Advertorial)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...