132 Kader Posyandu di Kecamatan Karawaci Diberikan Pembinaan

Date:

Banten Hits.com – Guna meningkatkan kemampuan kader posyandu dalam memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat, Kecamatan Karawaci memberikan pembekalan kemampuan dan pembinaan kepada para kader posyandunya.

Pembinaan tingkat kecamatan kepada kader posyandu ini kata Camat Karawaci, Kiki Wibhawa dibagi menjadi 3 gelombang, dimana setiap posyandunya mengirimkan satu perwakilan, dalam hal ini ketua posyandu untuk ikut dalam pembinaan yang digelar di Kantor Kecamatan Karawaci.

 

Banten Hits.com – Guna meningkatkan kemampuan kader posyandu dalam memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat, Kecamatan Karawaci memberikan pembekalan kemampuan dan pembinaan kepada para kader posyandunya.

 

Pembinaan tingkat kecamatan kepada kader posyandu ini kata Camat Karawaci, Kiki Wibhawa dibagi menjadi 3 gelombang, dimana setiap posyandunya mengirimkan satu perwakilan, dalam hal ini ketua posyandu untuk ikut dalam pembinaan yang digelar di Kantor Kecamatan Karawaci.

“Jumlah posyandu di Kecamatan Karawaci ada 132 posyandu, dan yang ikut dalam pembinaan adalah ketuanya, dengan maksud sepulang dari pembinaan ketua posyandu dapat menularkan kepada para kadernya untuk diterapkan dalam melayani masyarakat,” jelasnya, Kamis (16/4/2015).

Adapun tujuan dari pembinaan yang digelar bagi kader posyandu ini kata camat adalah untuk menambah bekal kemampuan para kader posyandu dilapangan. “Untuk melayani masyarakat, kemampuan kader  terus harus di up grade (diperbaharui), untuk itulah dalam pelatihan diberikan masukan-masukan,” tuturnya saat dikonfirmasi.

Sekertaris Kecamatan Karawaci, Wawan Fauzi yang membuka pelatihan gelombang ketiga, atau terakhir hari ini mengatakan bahwa pemerintah senantiasa memberikan dukungan untuk berbagai kegiatan posyandu, untuk itulah pembinaan dan pembekalan menjadi penting.

“Pembinaan ini untuk pengembangan diri dan kemampuan para kader, kita terus optimalkan sehingga para kader memiliki skil dan kemampuan,” ucapnya.

Dalam pembinaan yang digelar Kecamatan Karawaci, ada yang berbeda dari berbagai event pembinaan yang biasa dilakukan. Di Kecamatan Karawaci dilakukan pendekatan dan metode yang lain dengan lebih menghidupkan pembinaan sehingga lebih dapat cepat diserap para kader.

“Disini kita terapkan metode yang berbeda, bukan hanya cemarah satu arah dan membuat ngantuk peserta, tapi kita buat sesuatu yang lebih hidup dengan mengajak peserta proaktif dalam acara dan membalut pembinaan dengan games-games edukatif yang memiliki arti masing-masing,” jelas Hayatun Nufus, staf Ekbang Kesra.

Seperti salah satunya bagaimana metode konsentrasi kader dalam menghadapi masyarakat, baik itu dalam komunikasi dua arah ataupun dalam memberikan pemaparan dan penjelasan bagi masyarakat. “Itu semua dikemas dengan metode riang melalui games, inilah yang membedakan kami dalam konsep pelatihan lainnya yang mungkin diterapkan ditempat lain, dengan demikian kader akan lebih mengerti dan tidak bosan,” pungkasnya.

Sementara itu, Fitri, salah satu kader posyandu mengaku lebih mengena dengan metode pembinaan yang diberikan pihak kecamatan. “Seperti tadi ada materi dimana kita diminta untuk maju dihadapan ibu-ibu kader wilayah lain guna menerangkan apa itu posyandu, tidak dibuat tegang tapi lebih komunikatif, dengan begini saya jadi lebih percaya diri untuk menghadapi masyarakat kedepannya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemkot Tangerang terus fokus dalam hal yang berkenaan dengan masyarakat, salah satunya pembinaan kepada kader posyandu sebagai ujung tombak pertama bidang kesehatan dimasyarakat.

Tercatat di Kecamatan Karawaci saja terdapat 16 kelurahan dengan jumlah posyandu yang mencapai 132 posyandu dengan jumlah kadernya yang mencapai sekitar 660 orang. (Advertorial)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related