Kapolda Duga Pelaku Bom di Mal@ Alam Sutera Bukan Kelompok JI

Date:

Banten Hits – Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pelaku bom di Mal @Alam Sutera bukan berasal dari kelompok Jamaah al-Islamiyah (JI), melainkan pelaku yang berbeda karena memiliki karakter tersendiri.

“Kalau kelompok JI, agak sedikit jauh. Kalau kelompok JI dari dulu tidak menarget masyarakat umum. Targetnya dari dulu barat,” kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, sebagaimana dilansir Kompas.com, Sabtu (11/7/2015). 

(BACA JUGA: Penyebab Ledakan di Mal @Alam Sutera Diduga Akibat Bom Low Explosive)

Tito mengatakan jika yang dilakukan oleh kelompok JI biasanya menggunakan bahan peledak dan rangkaian bom relatif canggih. Beda dengan bom rakitan yang meledak di Mal @Alam Sutera.

“Sedangkan ini relatif eksperimen. Masih coba-coba. Targetnya kan mal. Mal ini kan bukan target barat,” ujar Tito. 

(BACA JUGA: Ada Untaian Kabel dan Baterai di Lokasi Ledakan Mal @Alam Sutera)

Berdasarkan itu, dia menduga kelompok pelaku bom di Mal @Alam Sutera adalah kelompok non JI, seperti pelaku kasus bom buku, penembakan polisi di Ciledug dan bom di Masjid Polres Cirebon. 

(BACA JUGA: Kapolri Pastikan Ledakan di Mal @Alam Sutera Berasal dari Bom Rakitan)

Dia mengungkapkan pada kasus bom buku, otak pelaku pengeboman, Pepi Fernando, diketahui pernah bergabung dengan jaringan Negara Islam Indonesia sewaktu kuliah, tahun 1998. Pepi aktif melalui kajian-kajian terkait dengan NII melalui buku-buku. Pepi kemudian memutuskan keluar dan membuat kelompok sendiri.

“Kita tahu ini kelompok lain, tentu kelompok lain itu yang kita atensi,” jelas Tito.

 

(BACA JUGA: Ledakan Keras Guncang Mal @Alam Sutera)

Sebagaimana diberitakan, ledakan terjadi di Mal @Alam Sutera di Jalan Sutra Barat, Kelurahan Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang pada Kamis (9/7/2015) lalu. Ledakan persis terjadi di salah satu toilet pria di lantai dasar mal terbesar itu.

Salah seorang petugas kebersihan mal menyebutkan akibat ledakan sempat muncul kepulan asap dari sumber ledakan. Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun mengakibatkan dua kloset dan kaca pintu toilet rusak. (Uud)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...