Connect with us

METROPOLITAN

Panitia Lomba Karya Tulis Krakatau Steel 2015 Dituding Tidak Profesional

Published

on

Banten Hits – Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2015 yang digelar PT Krakatau Steel pada bulan Juni 2015 lalu, dituding telah merugikan sejumlah jurnalis yang menjadi peserta dalam lomba tersebut. Panitia lomba disebut tidak profesional.

Wisnu Bangun, wartawan Harian Umum Nasional Suara Karya yang menjadi salah seorang peserta lomba, mengaku kecewa atas kinerja panitia yang tidak profesional itu. 

“Saya mengetahui ada lomba Karya Jurnalis  yang diselenggarakan oleh PT Krakatau Steel melalui selebaran yang ditempel di sekretariat “Pokja Wartawan Harian, Elektronik dan Online Provinsi Banten “ di Serang pada bulan Juni lalu,” katanya kepada Banten Hits, Minggu (16/8/2015) .

Wisnu Bangun mengaku telah melakukan konfirmasi dengan pihak panitia penyelenggara lomba dan mendapat keterangan, PT Krakatau Steel benar sedang menyelenggarakan lomba karya tulis jurnalis Krakatau Steel 2015 khusus untuk para wartawan yang bertugas di wilayah Provinsi Banten. Atas keterangan itu, Wisnu mengirimkan tulisannya berjudul, “Krakatau Steel Perusahaan Nasional Setangguh Baja” ke redaksi Suara Karya.

Selang beberapa hari kemudian pihak redaksi Suara Karya menerbitkan tulisannya itu di dua media, yakni Suara Karya online (suarakarya.id) dan Suara Karya edisi cetak  dalam dua tulisan sama-sama berjudul “Krakatau Steel Perusahaan Nasional Setangguh Baja”. 

BACA :  Empat Kelurahan di Ibukota Banten Jadi Zona Merah Covid-19

Seluruh bahan tulisan yang masing-masing hampir seperempat halaman tersebut termasuk judul tulisan, oleh pihak redaksi tidak dilakukan perbaikan (edit) dan terbit dalam dua edisi, masing-masing Rabu dan Kamis (17 dan 18/6/2015).

Wisnu menjelaskan, hasil penerbitan selanjutnya dikirimkan ke pihak panitia, yaitu bagian Humas Krakatau Steel sebagai penyelenggara lomba. 

“Pihak panitia Vicky  Rosyad Fadillah, mengaku sudah menerima bukti tayang yang dikirim tersebut,” tuturnya.

Wisnu juga mengatakan, hal itu juga diperkuat dalam pengakuannya di depan kepala divisi humas Krakatau Steel Wisnu Kuncara. 

“Saat melakukan acara buka (puasa) bersama dengan puluhan wartawan dan pihak Krakatau Steel pada bulan Ramadan yang jatuh Juli 2015 lalu. Vicky mengaku sudah menerima kiriman itu, dan akan dilakukan penilaian pada bulan Agustus mendatang,” tambah Wisnu Bangun.

BACA :  Berjudi di Kawasan KIEC, 6 Pria Diringkus Polisi

 

Masih menurut Wisnu Bangun, dari beberapa konfirmasi ke Vicky, diperoleh keterangan bahwa keputusan tentang siapa pemenang lomba sedang dalam proses. Pada Kamis 13 Agustus 2015, melalui pesan singkat Vicky menjelaskan. 

“Kemungkinan diundur pak, nanti akan kami infokan selanjutnya,” kata Wisnu membacakan pesan singkat Vicky. 

Hingga saat ini, Wisnu belum mendapatkan penjelasan dari panitia perihal berapa jumlah peserta yang sudah masuk, siapa saja yang terlibat sebagai tim penilai lomba, kapan perlombaan itu akan ditutup, kapan akan dilakukan penilaian, kapan akan diketahui hasil penilaian, dan apa media yang dipilih untuk memberitahukan seluruh pengumuman dari panitia tentang lomba tersebut.

Hingga berita ini dipublish, Banten Hits masih terus mengupayakan konfirmasi dari panitia lomba karya tulis PT Krakatau Steel.(Rus)

BACA :  Berstatus PNS, Nasib Guru Agama yang Ditangkap Mabes Polri Ditentukan Disdikbud Banten



Terpopuler