Connect with us

METROPOLITAN

Batik Khas Kabupaten Tangerang Akan Dipatenkan

Published

on

Banten Hits – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bakal segera mematenkan motif batik khas daerahnya. Motif itu sendiri diambil dari hasil kejuaraan perlombaan batik beberapa bulan lalu. 

“Dalam waktu dekat ini Pemkab Tangerang berencana mendatangi Hak Atas Kekayaan Intelktual (HAKI). Hanya tinggal mendaftarkannya saja. Tapi waktunya kapan kami masih belum dapat membeberkannya. Yang jelas sudah mengarah untuk mematenkannya,” ungkap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Saifullah, Kamis (3/12/2015).

Saifullah mengatakan, motif batik khas Kabupaten Tangerang ini merupakan suatu kebanggaan bagi warga Kabupaten Tangerang. Motif battik khas Kabupaten Tangerang ini berhasil diciptakan salah seorang warga Kabupaten Tangerang pada gelaran perlombaan batik yang telah dilaksanakan beberapa bulan lalu.

BACA :  Andika Dorong Seluruh Daerah di Banten Layak Anak

“Makanya ketika ada motif sendiri sangat diapresiasi oleh pemerintah. Sebab Kabupaten Tangerang dikenal sangat kental dengan nilai budaya dan sejarahnya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, selain karena banyak  nilai budayanya, batik yang digunakan kota seribu industri ini adalah motif dari berbagai daerah, bukan motif asli Kabupaten Tangerang. Diharapkan dengan adanya motif batik tersendiri mampu menjadi media dalam memasarkan kebudayaan khas daerah yang memiliki 29 kecamatan ini.

“Karena ada beberapa corak gambar, di antaranya motif ayam wareng, kacang baning, perahu naga, dan monyet solear. Jadi kita masih menunggu rekomendasi pihak terkait,” ungkap Syaifullah.

Syaifullah menjelaskan, penciptaan motif batik ini merupakan bagian dari perkembangan industri pariwisata di Kabupaten Tangerang. Di mana Pemkab Tangerang sendiri saat ini sedang memajukan dunia pariwisatanya.(Rus)

BACA :  Waspadai Curanmor dan Rumsong saat Bulan Puasa, Polisi di Cilegon Tingkatkan Patroli Lingkungan



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler