Mentan Pasang Target Areal Persawahan yang Bisa Ditanam Meningkat

Date:

Banten Hits – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman optimis hasil produksi pada tahun 2015 akan mencapai 75 juta ton. Jumlah tersebut mengacu kepada hasil dari angka ramalan II Badan Pusat Statistik (BPS).

Memimpin langsung gerakan tanam padi serempak di Desa Rawakidang, Kecamatan Sudairi, Kabupaten Tangerang, Senin (7/12/2015), Amran juga menargetkan pada musim tanam kali ini, luas areal persawahan yang ditanami bisa meningkat 8-9 juta hektare. Kenaikan target tersebut, seiring dengan sudah teralirinya irigasi tersier maupun sekunder.

Menurutnya, para petani saat ini sudah memulai memasuki masa tanam Oktober-Maret. Padi yang akan ditanam saat ini akan panen 3 bulan mendatang pada Februari-Maret 2016. (BACA: Mentan ‘Belepotan’ Lumpur Tanam Padi pakai Transplanter di Sukadiri Tangerang).

Untuk menunjang proses tanam dengan menghemat waktu dan meningkatkan hasil panen, Kementerian Pertanian kata Amran, juga sudah membagikan puluhan ribu alat pertanian serba moderen untuk menunjang proses tanam agar menghemat waktu dan meningkatkan hasil panen.

“Peralatan sudah kita bagikan, jadi kita targetkan luas tanah yang ditanami bisa lebih meningkat lagi,” ucapnya.
 
Alat serba moderen yang sudah dibagikan kepada para petani diantaranya, alat olah tanah (handtractor), alat tanam (transplanter) dan alat panen (combine harvester).(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related