Pemkot Tangerang Akan Bentuk Holding Company BUMD

Date:

Banten Hits – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana akan membentuk Holding Company. Keberadaan Holding Company tersebut nantinya diharapkan bisa mengoptimalkan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Kota Tangerang, terutama dalam menggali potensi daerah.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Selasa (15/12/2015) di acara sosialisasi Holding Company BUMD menjelaskan, otonomi daerah menuntut Pemerintah Daerah mampu membiayai berbagai kegiatan Pemerintahan dan pembangungan daerahnya sendiri.

Menurutnya, di satu sisi kemandirian dan kewenangan daerah diberikan sangat besar, namun di sisi lain daerah dihadapi oleh persoalan sumber pendapatan daerah yang terbatas. Kata dia, selaku Administrator penuh, dibutuhkan kreativitas bagi daerah agar pengelolaan lebih terfokus sesuai dengan sasaran.

“Kreativitas perlu untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya yang,” kata Arief dalam siaran pers yang diterima Banten Hits dari Humas Pemkot Tangerang.

Arief mengatakan, Perusahaan Daerah adalah salah satu dari sumber pendapatan asli Daerah. Keberadaannya, sudah harus difikirkan sebagai suatu bagian yang sangat penting dalam berkontribusi bagi pendapatan daerah.

“Perusahaan Daerah itu punya peran penting untuk keuangan daerah karena nantinya menjadi salah satu profit center bagi Pemerintah Daerah, terutama bagi penggerak kegiatan di sejumlah sektor,” terangnya.

Ia menilai, pengelolaan Perusahaan Daerah harus sangat profesional, dengan memisahkan pengelolaan Pemerintah Daerah dengan pengelolaan Perusahaan Daerah. Sehingga, dalam pengelolaanya tidak dicampuri oleh kepentingan aparat Pemerintah maupun kepentingan politik.

Dirinya berharap, dengan dibentuknya Holding Company bisa menjadi salah satu solusi mengatasi masalah yang dihadapi BUMD dengan perubahan pola manajemen dan sistem operasional perusahaan.

“Jadi, Pemerintah bisa fokus dengan urusan Pemerintahannya dan enggak harus kepikiran sibuk nyari uang, karena itu nanti sudah jadi urusan Holding Company,” pungkasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...