Diskusi Mahasiswa “Cari Sosok Ideal Pemimpin Banten Masa Depan”

Date:

Banten Hits – Sejumlah nama sudah diwacanakan mengisi bursa pertarungan pada Pilgub Banten 2017, diantaranya bahkan juga sudah ada yang menyatakan kesiapannya untuk menuju Pendopo di Kota Serang.

Untuk melahirkan pemimpin yang diharapkan masyarakat, proses Pilkada yang bersih dan berkualitas kerap menjadi salah satu barometer yang disuarakan oleh berbagai elemen. Tentunya, untuk mewujudkan hal tersebut harus dibarengi dengan partisipasi masyarakat dalam mengawal setiap tahapan Pilkada.

Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa dan Alumni (Forkoma) UI Banten, Ibrohim, mengharapkan, bisa bersama-sama dengan elemen mahasiswa lainnya di Banten untuk mengawal Pilgub di Tanah Jawara 2017 mendatang.

Hal tersebut agar Banten memiliki pemimpin yang ideal, yang menunjukan keintelektualannya dan prestasinya.

“Kalau ingin hasil yang baik, maka harus berbanding lurus dengan prosesnya,” kata Ibrohim dalam sebuah diskusi bertajuk “Sosok Ideal Pemimpin Banten Masa Depan”, di Rumah Dunia, Komplek Hegar Alam, Sabtu (27/2/2016).

Dirinya mengharapkan, dari diskusi tersebut akan sedikit banyak memberikan gambaran kepada masyarakat, terutama mahasiswa di Banten mengawal jalannya Pilkada lebih baik.

“Jangan dilematis, jangan sampai menyongkong karena duit, harus ada parameternya dalam mengawal proses untuk hasil yang lebih baik. Aliansi mahasiswa banten, akan jauh lebih baik mengawal proses dengan tidak money politik,” tegasnya.

Sementara itu, Rizki Khaerul, mahasiswa dari Fisip UI menjelaskan, diskusi yang digelar bertujuan bagaimana Banten mempunyai sosok pemimpin yang ideal pada Pilkada nanti.

“Bagaimana tata cara sosialisasi, kajian, dan melakukan survei terhadap kepuasan pemilih terhadap Pilkada untuk menetukan pemimpin yang tidak korup dan tidak menghancurkan moral bangsa,” jelasnya.

Menurutnya, diskusi tersebut lahir dari perasaan keresahan Forkoma melihat kondisi Banten saat ini dengan segudang persoalan. Ada tiga poin yang dihasilkan dalam diskusi tersebut, yakni nama pergerakan, visi gerakan, dan ketua dalam pergerakan mengawal Pilgub Banten 2017.

“Nama gerakan kita Banten Memilih dengan visi memberikan informasi sebanyak-banyaknya tentang Pilgub, kemudian agar tidak berakhir begitu saja, jangka panjang kita juga mengawal janji-janji kampanye setelah Gubernur Banten terpilih, ” kata Rizki.

Diskusi tersebut menghadirkan nara sumber diantaranya, tokoh masyarakat Banten Embay Mulya Syarief, Peneliti dan Pengamat Politik Lili Romli, Pemred Majalah Historia Bonnie Triyana, dan Ketua BEM UI 2015 Andi Aulia Rahman.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...