Canangkan RT Bersih, 27 Ketua RT di Citeras Lebak Dipilih Serentak

Date:

 

Banten Hits – Guna menyanangkan program rukun tetangga (RT) bersih, tertib, rapih, sehat dan indah (BERSIH), sebanyak 27 RT di Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, melaksanakan pemilihan ketua RT serentak.

“Hal itu juga agar terciptanya kondusivitas juga kekompakan antar warga,” kata Kepala Desa Citeras Madrai kepada awak media, Minggu (24/7/2016).

Madrai mengaku, pelaksanaan pemilihan RT serentak ini merupakan kali pertama di lingkungan Desa Citeras, mengingat selama ini pemilihan masih menggunakan cara lama.

“Ini juga salah satu cara agar menata sistem pemerintahan hingga ke tingkat bawah,” ujarnya.

Menurut Madrai, pemilihan ketua RT secara serentak ini memiliki teknis yang sama dengan pemilihan kepala daerah yang biasanya dilakukan. Di setiap RT terdapat beberapa calon yang nantinya akan dipilih oleh masyarakat yang berdomisili sesuai dengan KTP masing-masing.

“Warga tinggal memilih salah satu calon dengan cara contreng atau coblos,” ucapnya.

“Nantinya RT yang terpilih juga harus bisa menjalankan tugas yang sesuai dengan tupoksinya,” sambungnya. 

Sementara, Ridwan, salah satu warga Kampung Ketug , RT 03 RW 06 yang memberikan hak suaranya, menyambut positif adanya pemilihan ketua RT secara serentak ini.

“Kalau seperti ini kan masyarakat bisa memilih ketua RT langsung sesuai dengan hati nuraninya, jadi tidak lagi dipilih secara aklamasi,” ungkapnya. (Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related