Penjual Pernik Agustusan Mulai Bermunculan di Kota Serang

Date:

 

Banten Hits – Pedagang pernak-pernik untuk peringatan hari ulang tahun (HUT) RI ke-71, mulai bermunculan di Kota Serang. Mereka menjual umbul-umbul, bendera merah putih, dan sejumlah kebutuhan Agustusan lainnya.

Wartawan Banten Hits Mahyadi melaporkan, salah satu jalan yang mulai dipadati pedagang pernak-pernik Agustusan adalah Jalan Jamksari, Kota Serang. Jajang (27), warga Garut, Jawa Barat, adalah salah satu pedagang yang berjualan di kawasan ini sejak dua mingggu lalu.

“Asal dari Garut, Mas. (Berjualan) ke Kota Serang hanya menjelang mau HUT RI, Mas,” katanya, Jumat (29/7/2016).

Menurut Jajang, dia berangkat berjualan keperluan Agustusan bersama dengan puluhan temannya yang lain. Mereka tersebar di sejumlah kota d an kabupaten di Provinsi Banten.

“Tidak sendiri. Saya ke sini sama teman saya yang lain jumlahnya ada 30-an. (Mereka) ditempatkan di mana-mana di beberapa tempat di Kota Serang, Cilegon, Pandeglang. Untuk di Kota Serang ada delapan, Mas,” ujarnya.

Jajang mengungkapkan, harga setiap umbul-umbul yang dia jual tergantung dari ukurannya. Di antaranya, ukuran kecil dipatok dengan harga Rp 20 ribu. Pembeli bisa mendapatkan harga lebih murah jika mengambil umbul-umbul sisa pembuatan tahun lalu.

“Karena kita juga bekas kemaren masih ada sedikit yang belum kejual jadi kita jual sekarang. Kalo yang mahal minimal Rp 400 ribu yang umbul-umbul. Tapi warga itu banyaknya membeli jenis plastik yang kecil yang harganya Rp 15 ribu per pak dan ada juga Rp 5 ribu,” jelasnya.

Penghasilan Jajang dari berjualan pernak-pernik Agustusan mencapai Rp 50-200 ribu setiap harinya. Penghasilan lebih besar akan didapatnya jika sudah mendekati 17 Agustus. (Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...