DBMSDA Sebut Genangan di Tangerang karena Drainase Over Capacity

Date:

Banten Hits – Saat diguyur hujan lebat, sejumlah ruas jalan di Kota Tangerang tergenang air. Genangan yang kerap menimbulkan kemacetan tersebut disebabkan drainase atau saluran air yang sudah over capacity.

“Penyebab genangan air di sejumlah jalan saat hujan karena saluran air di lokasi itu yang memang sudah over kapasitas,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air DBMSDA Kota Tangerang, Taufik Syahzaeni, Rabu (31/8/16).

Namun kata Taufik, genangan tersebut tidak akan berlangsung lama. Sejumlah ruas jalan yang kerap kali tergenang dengan ketinggian air 30-50 centimeter seperti di Jalan MH Thamrin Cikokol, Jalan Gatot Subroto dan Cimone.

“15 menit paling lama 30 menit sudah surut. Untuk mengatasinya, kita sudah siapkan petugas lapangan yang kemudian dilanjutkan dengan pembersihan saluran air,” terangnya.

Selain itu, dilakukan juga integrasi drainase dengan saluran pembuang dan sungai, pembuatan kolam retensi dan sumur imbuhan dalam rangka memperbanyak sistem resapan dan parker air.

“Lalu, implementasi zero run off setiap kegiatan atau alih fungsi lahan, konservasi SDA dan peningkatan peran serta masarakat dalam pengelolaan SDA,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...