Cegah Penyebaran Virus Zika, Dinkes Tangerang Minta Warga Terapkan 3 M

Date:

Banten Hits – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait dengan imbauan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran viruz Zika.

Hal tersebut setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang bertemu dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terkait sosialisasi antisipasi penyebaran virus Zika, dan simulasi pencegahan dengan lintas sektoral.

“Sosialisasi akan dilakukan kepada masyarakat dan kader puskesmas di setiap kecamatan,” ujar Ni Wayan Manik Kusmayani, Kabid Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kabupaten Tangerang

Manik menambahkan, sebagai bentuk peningkatan kewaspadaan dan antisipasi virus Zika, masyarakat diharapkan menerapkan program 3 M (Menutup, Menguras dan Mengubur) .

“Antisipasi dan pencegahannya seperti mencegah demam berdarah,” terangnya.

Lanjut dia, belum ditemukan adanya penyebaran virus Zika di wilayah Kabupaten Tangerang. Namun, wilayah rawan DBD juga dimungkinankan rawan terhadap penyebaran virus Zika.

“Virus Zika juga disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, yaitu berkembang di pemukiam padat penduduk dan kawasan kumuh serta pedesaan,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related