Atasi Kemacetan, DBMSDA Kota Tangerang Lakukan Pelebaran Jalan

Date:

Banten Hits – Sebagai salah satu kota metropolitan, kondisi infrastruktur jalan yang memadai menjadi salah satu syarat yang mesti dipenuhi oleh Kota Tangerang. Infrastruktur yang memadai merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat, terutama memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan dan pengendara kendaraan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyadari betapa pentingnya infrastruktur yang memadai bagi laju pertumbuhan ekonomi seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk, di kota yang tak hanya membangun seribu industri namun menawarkan sejuta jasa ini.

Melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), Pemkot Tangerang terus berupaya untuk memenuhi salah satu kebutuhan publik tersebut, dengan terus fokus pada peningkatan jalan. Tak bisa dipungkiri, seiring meningkatnya penduduk, jumlah kendaraan bermotor pun mengalami peningkatan secara siginifikan, terutama di tengah-tengah mobilitas dan kesibukan masyarakat.

Pada anggaran perubahan tahun 2016, DBMSDA Kota Tangerang telah mengalokasikan dana untuk bidang pembangunan jalan dan perencanaan teknis yang dialokasikan untuk 36 kegiatan. Meliputi, peningkatan dan pelebaran jalan, dan pembangunan trotoar. Sementara, untuk bidang perencanaan teknis difokuskan pada perencanaan teknis simpang sebanyak 31 titik di Kota Tangerang.

Tercatat, beberapa simpang yang menjadi pusat kemacetan lalu lintas terutama pada saat jam-jam sibuk diantaranya, Simpang Galeong, Simpang Jalan Bouroq, dan Simpang Plaza Shinta. Perencanaan teknis yang difokuskan oleh DBMSDA diharapkan dapat meminimalisir dan mengurai kemacetan lalu lintas di sejumlah simpang tersebut.

Dengan perencanaan dan identifikasi awal titik-titik kemacetan, maka penanganan fisik simpang, baik pelebaran simpang dan penataan arah pergerakan lalu lintas dapat segera dilakukan.

Pada bidang pembangunan jalan, kegiatan difokuskan untuk peningkatan jalan, pelebaran jalan, serta pembangunan trotoar di beberapa lokasi. Kegiatan ini dilakukan guna memaksimalkan fungsi jalan yang sudah ada sebelumnya. Salah satu titik yang akan mengalami pelebaran adalah jalan di Samping Kantor Balai PSDA Sangego Selatan.

Pelebaran di ruas jalan tersebut dikarenakan eksisting jalan yang saat ini menimbulkan dampak kemacetan lalu lintas. Pasca pelebaran diharapkan, arus lalu lintas menjadi lebih lancar dan kemacetan di koridor Pintu 10–Sangego bisa diminimalisir.

Perhatian Pemkot Tangerang terhadap para pejalan kaki salah satunya, membangun trotoar dibeberapa titik lokasi, salah satunya di Jalan Perintis Kemerdekaan (FO Cikokol s/d BTN). Diharapkan, dengan trotoar tersebut para pejalan kaki mendapatkan ruang mobilitas yang lebih nyaman dan aman.(ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related