Ribuan Nelayan Pandeglang Tak Dapat Bantuan Pemprov Banten

Date:

 

Banten Hits – Ribuan nelayan di Kabupaten Pandeglang sejak dua tahun terakhir tak pernah mendapatkan bantuan logistik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Padahal bantuan logistik untuk nelayan yang tak melaut karena cuaca buruk itu, sebelumnya rutin diterima para nelayan dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Banten.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pandeglang Tata Nanzariyadi mengaku tidak mengetahui alasan mandeknya bantuan logistik berupa beras bagi nelayan yang tidak bisa melaut.

“Tahun-tahun kemarin sudah jelas, ketika nelayan tidak melaut itu dibantu logistik berupa beras. Tetapi sampai saat ini sudah hampir dua tahun tidak menerima bantuan tersebut,” kata Tata, Selasa (20/12/2016).

DKP Kabupaten Pandeglang, lanjut Tata, sudah berupaya untuk menagih hal tersebut. Pada April 2016, DKP telah melayangkan surat pengajuan bantuan bagi 4.568 nelayan kepada Pemprov Banten. Sayangnya, Pemprov Banten tidak merespon pengajuan DKP Kabupaten Pandeglang.

“Seharusnya dibalas, apa kekurangan kami, kelemahan kami? Dibalas dong melalui surat resmi,” terangnya.

Tata mengungkapkan, meski nelayan di Pandeglang sudah dua tahun puasa bantuan logistik, namun dirinya tidak mengetahui apakah hal serupa dialami nelayan di wilayah lainnya atau tidak.

Menurut Ttat, seharusnya Pemprov Banten bisa memberi prioritas kepada Pemkab Pandeglang, mengingat Pandeglang memiliki jumlah nelayan yang banyak.

“Saya belum tahu apakah daerah lain juga mengalami hal yang sama. Tetapi setidaknya, nelayan kita sangat besar ada 14 TPI (Tempat Pelelangan Ikan),  apalagi di kita hampir 11 kecamatan memiliki laut pesisir, dan mereka hidupnya bergantung terhadap laut,” keluhnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....