Bupati Lebak Terima Anugerah Parahita Ekapraya

Date:

Banten Hits – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Pratama dari Pemerintah Republik Indonesia. Penghargaan diterima Iti, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (21/12/16) malam.

Iti mengatakan, hasil verifikasi Kementeian Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA), Lebak berhasil mengumpulkan skor yang memenuhi syarat dan layak untuk menerima penghargaan tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerja keras semua pihak dan tingginya komitmen masyarakat. Dua tahun ke depan saya berharap Lebak mampu meraih APE tingkat madya, utama, bahkan tingkat mentor yang nantinya akan menjadi rujukan tingkat nasional dalam pembangunan bidang PP dan PA,” terang Iti.

Dianugerahinya Parahita Ekapraya diharapkan dapat memacu semangat, motivasi, dan meningkatkan komitmen serta prestasi bagi Pemkab Lebak untuk lebih serius meningkatkan pembangunan SDM melalui pemberdayaan PP dan PA.

“Dukungan semua pihak jelas diperlukan agar Kabupaten Lebak lebih baik, terutama berbagai program penunjang percepatan pembangunan di Lebak juga bisa segera terealisasi,” harapnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Lebak, Eka Dharma menambahkan, diraihnya APE ini diyakini akan berdampak terhadap pembangunan SDM melalui PP dan PA menuju arah yang lebih baik.

“Kami yakin itu bisa terwujud atas dukungan dan partisipasi aktif dari instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Parahita Ekapraya merupakan penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan kementrian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dari Kementeria PP PA.

Ada 7 komponen yang dinilai, diantaranya komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, alat analisis gender, data gender serta partisipasi masyarakat. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas komitmen, dedikasi dan prestasi dalam pembangunan di bidang PP dan PA. Penghargaan APE bagi Kabupaten Lebak merupakan pertama kali sejak diluncurkan pada tahun 2009 lalu.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related