Gunakan Pompa Air Tenaga Surya, Distan Lebak Berharap Hasil Panen Petani Maksimal

Date:

Banten Hits – Kelompok tani di Kecamatan Warunggunung dan Malingping mendapat bantuan pompa air tenaga surya dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lebak. Bantuan pompa tersebut guna mengatasi persoalan pasokan air ke area persawahan.

Kepala Bidang Sarana Prasarana (Sarpras) Distan Lebak, Yuntani, Selasa (27/12/2016) mengatakan, ada sepuluh kelompok tani yang mendapatkan bantuan pompa sumur sible. Dua diantaranya memanfaatkan tenaga surya.

“Dua tenaga surya dan sisanya sumur bor,” kata Yuntani.

Sumur sible kata Yuntani diberikan bagi para kelompok tani yang kerap dihadapkan pada persoalan kekeringan karena minimnya ketersediaan air yang menjadi bagian paling penting dalam proses mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kita sudah suvei, dari 28 kecamatan yang ada di Lebak, 10 kelompok tani inilah yang layak mendapatkan bantuan. Mudah-mudahan, dengan bantuan ini hasil panen lebih maksimal, karena sible yang digunakan punya daya serap air tinggi,” jelas Yuntani.

Muhamad salah seorang petani mengaku terbantu dengan bantuan pompa iar tersebut. Apalagi, area persawahannya kerap kali mengalami kekeringan.

“Alhamdulillah, tentu ini sangat membantu. Dengan sible, mudah-mudahan masalah air bisa diatasi,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related