Polisi di Cilegon Dilatih Manfaatkan Limbah Batubara, Buat Apa?

Date:

Kakorbinmas Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan Saat Mendapatkan Penjelasan Terkait Pemanfaatan Limbah Pembakaran Batubara Pembangkit Listrik. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Cilegon- Anggota kepolisian Polres Cilegon dilatih pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA), Selasa, 7 Juni 2022. Acara bekerjasama dengan PT PLN.

Pelatihan mengenai pemanfaatan limbah batubara pembangkit listrik itu dilaksanakan semata-mata agar Bhabinkamtibmas bisa menjadi motor sehingga masyarakat bisa turut serta memanfaatkan FABA menjadi produk bernilai tinggi.

“FABA tidak lagi masuk dalam katagori limbah B3 sehingga PLN dan Polri akan bekerja sama sehingga FABA dapat digunakan untuk paving block, beton, dan barang ekonomi lainnya,” kata Executive Vice Presiden (EVP) K3 PT.PLN (Persero) Komang Parmita.

Komang Paramita menjelaskan FABA tidak hanya ada di Suralaya, namun sudah masif di 46 lokasi PLTU lainnya.

Di mana, Kata Komang, Suralaya sudah secara masif memanfaatkan FABA sehingga Suralaya dijadikan pusat untuk pelatihan dengan harapan agar di 46 lokasi PLTU lainnya dapat memanfaatan FABA dengan signifikan.

“Diharapkan kerjasama PLN dan Korbinmas Polri ini dapat menjadi sharing economy model bagi pihak-pihak lain yang ingin meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Ditempat yang sama GM PT Indonesia Power Suralaya PGU Rachmad Handoko mengatakan PLTU Suralaya membutuhkan ribuan ton batu bara untuk menghasilkan 3.400 MW listrik dimana dari hasil tersebut akan menghasilkan 5 persen nya adalah FABA.

“Terkait FABA sudah kami latihkan awal di SPN, saat ini di skill-up utk level UMKM,”ungkapnya.

“Salah satu yang paling berpengaruh sebagai daya tangkal adalah ekonomi, sehingga substansial sekali bila ada pelatihan peningkatan keterampilan supaya menghasilkan produk dari FABA ini,” timpal Kakorbinmas Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

Dia mengatakan pasca pelatihan, Bhabinkamtibmas diharapakan dapat mendorong UMKM, kampung industri dan lanjutan economy chain termasuk dengan kapabilitas-kualitas-kontinuitas usaha FABA ini.

“Bila kampung industri bisa berjalan di Suralaya misalnya, maka pasti masyarakat ikut menjaga Suralaya dari gangguan dan potensi konflik,” imbuhnya.

Editor: Fariz Abdullah

Caption Foto : Kakorbinmas Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan Saat Mendapatkan Penjelasan Terkait Pemanfaatan Limbah Pembakaran Batubara Pembangkit Listrik

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...