Antisipasi Kecelakaan, Angkasa Pura Gelar Ramp Safety Campaign

Date:

Tangerang – Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura (AP) II menggelar Ramp Safety Campaign, Jumat (7/4/2017). Kegiatan yang diawali dengan apel siaga dilakukan di area gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

“Kampanye ini bertujuan untuk memastikan kegiatan operasional di sisi udara aman dan zero accident. Jadi harus dipastikan, dicek kembali seluruh armada dan peralatan di sisi udara,” ujar Dirut AP II, M. Awaluddin.

Peristiwa terjadi akibat kelalaian misalnya pada Selasa (14/3/2017) lalu. Ground Power Unit milik PT Gapura terbakar hingga nyaris membakar pesawat Garuda Indonesia. Peristiwa itu terjadi di apron Terminal 3 Bandara Soetta sekira pukul 23.30 WIB, dan ground handling saling beradu kerbau di terminal 1. Insiden tersebut mengakibatkan pengemudi mengalami luka.

Seluruh mitra kerja diharapkan melakukan evaluasi untuk memastikan keoptimalan keamanan sisi udara.

“Jadi yang layak akan ditandai stiker, kegiatan ini juga agar petugas yang beroperasi di sisi udara senantiasa mengutamakan aspek keamanan. Selanjutnya operasi simpatik di sisi udara akan dilakukan sampai seminggu kedepan,” terang Awal.

Direktur Teknik dan Operasi, Djoko Murjatmodjo menambahkan, evaluasi tidak lagi dilakukan setiap tahun.

“Dari hasil evaluasi diharapkan akan muncul pola mitigasi yang diterapkan dalam kegiatan operasional di sisi udara sehari-hari,” katanya.

Menurutnya, seluruh peralatan yang beroperasi memiliki batas usia pemakaian yakni selama sepuluh tahun.

“Kami juga bertindak tegas bagi mereka yang melempar tas bagasi. Beberapa orang bahkan dari pihak airlines sudah dirumahkan,” ungkapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...