XL Axiata Terbitkan Sukuk Ijarah Rp2,18 Triliun

Date:

Jakarta – XL Axiata mengumumkan penawaran umum Sukuk Ijarah Tahap II senilai Rp2,18 Triliun setelah proses book building memberikan sinyal positif.

Penawaran tersebut merupakan bagian dari Program Penawaran Umum Berkelanjutan Sukuk senilai Rp5 Triliun yang telah dicanangkan sebelumnya. Penawaran umum berkelanjutan tersebut merupakan Program Sukuk Ijarah terbesar yang pernah diluncurkan suatu perusahaan

“Kami bangga atas keberhasilan XL meluncurkan Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II, ini sesuai rencana dengan memanfaatkan kondisi suku bunga yang rendah saat ini. Permintaan terhadap Sukuk perusahaan kami tetap tinggi mengingat peringkat kredit yang diberikan oleh Fitch, yaitu AAA. Selain itu, kami memiliki fleksibilitas untuk memanfaatkan sisa yang tersedia dalam program Sukuk Ijarah Perseroan apabila kondisi pasar menguntungkan,” kata Chief Financial Officer XL Axiata, Mohamed Adlan, dalam keterangan tertulis yang diterima Banten Hits, Jumat (7/4/2017).

Struktur sukuk disusun dengan mengacu kepada prinsip syariah, yaitu ijarah yang telah berhasil diadopsi dan telah teruji di negara-negara lain, terutama di Timur Tengah dan Malaysia.

Adlan mengatakan, dokumen-dokumen transaksi sukuk ini juga disusun dengan mengacu kepada standar sukuk ijarah internasional. Penawaran umum ini, yang saat ini sedang ditelaah oleh OJK, menunjukkan dukungan terhadap inisiatif pemerintah dalam mengembangkan sektor keuangan syariah di Indonesia, mengingat Indonesia juga merupakan salah satu penerbit sukuk pemerintah terbesar di dunia.

Dana dari penawaran umum tersebut terutama akan digunakan untuk pembayaran kembali (refinancing) dan memperpanjang pinjaman XL Axiata yang berdenominasi rupiah, dimana hal ini akan semakin memperkuat portofolio utang XL Axiata.

“Transaksi ini merupakan pembayaran kembali, rasio utang bersih perseroan terhadap EBITDA tetap terjaga di tingkat yang sehat, yaitu di bawah 2x. Neraca yang sehat mendukung aspirasi XL untuk menjadi yang terdepan dalam digital space,” terang Adlan.

Program Sukuk Ijarah Berkelanjutan XL Axiata senilai Rp5 Triliun diterbitkan pada tahun 2015 sebagai bagian dari inisiatif pengelolaan neraca perseroan. Melalui penerbitan Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II ini kata Adlan, XL Axiata akan memperoleh dana senilai lebih dari Rp3,5 Triliun, sementara sisanya akan tersedia untuk penerbitan lebih lanjut hingga bulan November 2017. Penjamin pelaksana emisi efek dalam Penawaran Umum Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap II ini diantaranya, PT CIMB Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Maybank Kim Eng Securities.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...